Wow, Situs Mbah Blawu Jombang Diduga Zaman Pra Majapahit

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Ekskavasi selama 6 hari di situs Mbah Blawu di kawasan pemakaman umum Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, dinyatakan selesai, Sabtu (24/9/2022) sore.

Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah XI Jawa Timur, kali ini berhasil menggali 3 petak persegi dari 30 kotak gali yang sudah dibuat di lokasi.
Tiap petak masing-masing ukuran 4 meter persegi.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Khofifah Lepas Kontingen Jatim ke SEA Games XXXI Vietnam, Target 10 Emas
banner 1920x1080

Sementara luas kawasan yang diekskavasi, tim hanya fokus di kawasan yang tak tertimbun tumpukan limbah, yakni di bagian selatan atau tengah seluas 120 meter-an persegi.

Dari beberapa hari itu, tim berhasil menampakkan dugaan struktur candi dan mengamankan sejumlah benda temuan lepas.

Benda temuan lepas dimaksud seperti di antaranya potongan gerabah, 3 fragmen koin, fragmen wadah, dan fragmen porselen.

Berita Menarik Lainnya:  Refleksi Muassis Taswirul Afkar, Rangga Sa'dillah : Taswirul Afkar Tempat Awal Mula Berdirinya NU

Kendati hanya menemukan barang temuan lepas yang terbatas, tim ekskavasi juga sudah memperjelas struktur diduga dinding candi hingga menemukan bata kuno.

Arkeolog BPK wilayah XI Jawa Timur Yuni Atmi menyebutkan dugaan sementara ini, bangunan diduga candi tersebut dari kerajaan pra Majapahit.

“Kalau analisisnya kami belum bisa memastikan, hanya saja menyebutkan sementara, ini merupakan bangunan candi. Kalau dari struktur yang kita lihat itu, kemungkinan lebih tua daripada kerajaan Majapahit. Itu kami lihat dari bentuk dan ukuran batanya sendiri,” ujar Yuni Atmi, Sabtu (24/9/2022) siang.

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *