Sanggar Mardi Budoyo Merawat Seni di Masa Pandemi

Ritual Tolak Bala, menjadi rangkaian Seni budaya oleh Sanggar Mardi Budoyo di Kota Probolinggo | Foto: Rahmad
Ritual Tolak Bala, menjadi rangkaian Seni budaya oleh Sanggar Mardi Budoyo di Kota Probolinggo | Foto: Rahmad
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Kendati pandemi COVID-19, tak menyurutkan niat warga Kota Probolinggo dalam menggelar seni budaya. Salah satunya ritual tolak balak dan sejumlah tarian lewat Sanggar Seni Mardi Budoyo yang dibina, Bambang Sripono atau biasa disebut Mbah Guco.

Aksi seni budaya ritual tolak balak dan kirab budaya pada Sabtu, (15/01/2022) itu, digelar di Jalan Ir. H Juanda, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  HUT TNI Ke -76 Digelar Virtual Di Kodim 0820 Probolinggo
banner 1024x1366

Lokasinya, berada persis di depan markas sanggar yang sudah bertahun-tahun eksis dalam menjaga kelestarian budaya.

Menurut Pembina Sanggar Mardi Budoyo, Bambang Sripono atau Mbah Guco ritual budaya bagian dari eksistensi sekaligus doa agar terhindar dari segala musibah.

Selain itu, kegiatan ini digelar dalam rangka ulang tahun sanggar Wardi Budoyo yang ke-12.

“Harapannya ini menjadi keinginan bersama agar segala wabah, musibah, dan marabahaya menjauh terutama di Kota Probolinggo ini,” ucap Mbah Guco.

Pernak-pernik dalam ritual tersebut juga bervariasi. Seperti sejumlah sesajen yang dihidangkan, di antaranya ingkung ayam dengan nasi putih, kopi, dua sisir pisang, bunga tuju rupa.

Berita Menarik Lainnya:  Hari Radio, Mengenal Etalase Sejarah di RRI Surabaya

Kondisi itu, membuat warga sekitar begitu antusias melihat. Bahkan sejumlah pengendara motor, ikut hanyut dalam perayaan yang membuat mereka berhenti dari kendaraan.

Rupanya, kegiatan ritual dan seni budaya itu tak hanya sore itu dilakukan. Malam ini pun, acara akan dilanjutkan oleh Sanggar Mardi Budoyo. Salah satu yang disajikan, adalah Tari Leng Nggasor, atau Lenggah Ningsor yang artinya duduk di bawah.

Sementara itu, Pemerhati Seni dan Budaya di Kota Probolinggo, Sukardi Mitho sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Baginya, apa yang dilakukan Sanggar Mardi Budoyo binaan Mbah Gucho, merupakan upaya pelestarian budaya bangsa.

Berita Menarik Lainnya:  Kejari Kota Probolinggo Launching Rumah Restorative Justice

“Sangat mengapresiasi, di tengah pandemi masih eksis dalam menjaga kelestarian bangsa. Harapannya ini terus dilakukan sebab akan menjadi warisan kelak bagi anak cucu bangsa,” ucapnya.

“Kelompok-kelompok budaya seperti ini harus mendapat perhatian dari pemerintah agar tetap lestari bahkan berkembang di tengah derasnya arus budaya asing,” harapnya.

Sebab lanjutnya, budaya-budaya seperti secara nyata memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kepribadian bangsa di masa lalu. Sehingga, menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaga kelestarian budaya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280