BPK Jatim Ekskavasi Situs Mbah Blawu Jombang, Ini Temuannya

Sejumlah tukang saat melakukan ekskavasi di situs Mbah Blawu Jombang. Foto : Faiz
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah XI Jawa Timur, mengekskavasi situs Mbah Blawu di Jombang.

Proses ekskavasi situs yang terletak di Dusun Sumbersari, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Jombang ini, dimulai sejak 19 – 24 September 2022.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Tumbuh Subur Di Pesantren, Keluarga Ponpes Sumber Wringin Akui Ajaran PSHT Selaras Dengan Pesantren

Di hari kedua ini, pekerja sudah melubangi beberapa kawasan situs yang sebelumnya diduga membentuk struktur bangunan candi.

Hasilnya ditemukan struktur menyerupai dinding, dengan kedalaman penggalian sekitar satu meter-an.

Arkeolog BPK Jatim Wilayah XI, Pahadi mengatakan jika berdasarkan penelitian awal, di kawasan ini ditemukan bata kuno berukuran besar membentuk sebuah struktur.

Berita Menarik Lainnya:  Perkuat Ekonomi Pedesaan, Pemprov Jatim Gelar Kampoeng Kreasi

“Karena kawasannya ada limbah B3, jadi kita dahulukan ekskavasi di bagian selatan. Potensinya kita menemukan struktur berbentuk pola dinding. Tapi kami masih belum bisa pastikan apakah ini dinding terluar dari candi atau apa,” ujarnya, Selasa (20/9/2022).

Penemuan pola dinding yang dimaksud, di bagian selatan dengan posisi menunjukkan kulit bagian dalam maupun luar.

Namun Pahadi belum memastikan apakah itu kaki atau pondasi dari bangunan candi.

Berita Menarik Lainnya:  Sejarah Singo Ulung, Si Maskot Bondowoso di Porprov VII Jatim 2022

“Belum bisa dipastikan, bisa saja ini bagian bilik saja. Jadi kita baru mengejar target, di samping itu sekarang masih baru hari kedua proses ekskavasinya,” katanya.

Di bagian sisi timur ekskavasi, ditemukan susunan bata kuno yang menonjol ke arah luar. Penemuan itu diasumsi sebagai tangga masuk ke bangunan diduga candi.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280