Zakat Produktif Bikin Kakek Saheri Tersenyum

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memberikan zakat produktif dari zakat ASN dan OPD Pemprov Jatim melalui Baznas Provinsi kepada pedagang pasar Probolinggo, sembako 50 paket dan bantuan bedah rumah, beberapa waktu lalu, Minggu (26/12/2021) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memberikan zakat produktif dari zakat ASN dan OPD Pemprov Jatim melalui Baznas Provinsi kepada pedagang pasar Probolinggo, sembako 50 paket dan bantuan bedah rumah, beberapa waktu lalu, Minggu (26/12/2021) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO – Raut wajah Saheri (68), tampak sumringah dan gembira. Penjual gorengan yang sudah belasan tahun ini tak dinyana dapat durian runtuh.

Kakek empat cucu itu menerima bantuan Zakat Produktif yang diberikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Pendapa, Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/12/2021) sore.

Bacaan Lainnya

Bagi Saheri, bantuan senilai Rp 500 ribu plus sembako terbilang sangat besar. Ia sendiri tidak pernah membayangkan bakal terpilih menerima zakat hari itu.

“Alhamdulillah, matur nuwun Ibu Gubernur. Bantuan ini berkah, untuk modal saya. Mungkin bagi beberapa orang uang Rp.500 ribu tidak seberapa, namun bagi saya ini jumlahnya sangat besar,” ujar Saheri.

Menurutnya, bantuan itu akan berguna untuk meringankan beban hidupnya.

“Saya berterimakasih kepada Ibu Gubernur, bangga sekali rasanya bisa mendapat rezeki uang hari ini. Terimakasih Ibu Khofifah,” ujar kakek tulang punggung keluarganya ini.

Di lorong yang sama, Suciati (36), pedagang Tahu Kikil yang baru berjualan selama 7 bulan tak kalah gembiranya menerima bantuan ‘Zakat Produktif’, dari orang nomor satu di Jawa Timur secara langsung.

Berita Menarik Lainnya:  Peduli Korban Erupsi Semeru, PSHT Bondowoso Gelar Aksi Galang Dana

“Alhamdulillah ini saya pakai untuk tambahan modal. Terimakasih untuk Ibu Gubernur yang memberikan bantuan kepada kami masyarakat yang tidak mampu. Terimakasih juga untuk Pak Wakil Bupati,” ujarnya.

Penyerahan bantuan ‘Zakat Produktif’ yang dikucurkan dari Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Jawa Timur untuk tiap orang Rp.500 ribu dan sembako kepada 50 pedagang pasar tradisional dan Ultra mikro.

Didampingi Plt. Bupati Probolinggo Ahmad Timbul Prihanjoko, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan ‘Zakat Produktif’ tersebut.

Hadir pula, Kepala Bakorwil Jember Imam Hidayat, Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa, Karo Kesra Jatim Gatot Soebroto, Kepala Diskop dan UMKM Jatim Mas Purnomo Hadi dan Kepala Disperindag Jatim Derajat Irawan.

Selain itu dihadiri juga Wakil Ketua Baznas Jatim Husnul Huluq, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dan Dandim 0820 Letkol Arh Arip Budi Cahyono.

Selain itu, Gubernur Khofifah di sekitar pendapa Bupati juga membagikan puluhan paket sembako secara langsung sambil menyapa masyarakat.

“Terimakasih Ibu Khofifah, saya seumur hidup belum pernah mendapatkan bantuan,” ujar Choir, tukang becak.

Berita Menarik Lainnya:  Serahkan Santunan 200 Yatim dan 100 Zakat Produktif, Khofifah: Semoga Bisa Tingkatkan Kesejahteraan

Mantan Menteri Sosial ini juga menggelontor bantuan Rp. 312,5 juta bagi 25 rumah tak layak huni. 10 rumah kolaborasi dengan Baznas Jatim dan 15 rumah lainnya kolaborasi bersama dengan Petrogas Jatim Utama.

5 Desa Kategori Miskin

Di sela pemberian bantuan, Gubernur Khofifah mengatakan, terdapat 5 desa di Kabupaten Probolinggo yang masuk kategori kemiskinan ekstrem yang mendapat bantuan rumah tinggal layak huni .

Meski demikian Gubernur Khofifah meminta para kepala desa untuk tidak berkecil hati dan semangat mengentaskan kemiskinan ekstrem di di desanya.

“Jangan kecil hati, ini ikhtiar kita bersama. Nanti kita koordinasi ulang bersama Plt Bupati Probolinggo untuk melihat di titik mana lagi kita akan berikan penguatan pemberdayaan,” ujarnya.

Kata dia bantuan kepada warga tidak mampu untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat Jawa Timur dan sebagai upaya mempercepat tingkat kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Bantuan akan meringankan beban hidup masyarakat yang tidak mampu. Apalagi, di situasi pandemi Covid-19 masih menyulitkan sebagian besar pelaku UKM.

“Semoga bantuan yang sudah kami berikan, bisa membantu para pelaku UKM menjalankan usahanya,” tuturnya.

Berita Menarik Lainnya:  Harga Tinggi, Petani Tembakau Tersenyum

Plt Bupati Probolinggo Ahmad Timbul Prihanjoko berterima kasih atas bantuan zakat produktif, sembako bagi 50 pedagang pasar tradisional dan UKM, serta bantuan bedah rumah bagi 25 warga miskin di wilayah kerjanya.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai upaya pemulihan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Kata Plt Ahmad Timbul Prihanjoko, bantuan dan bedah rumah selain jadi menjadi stimulan bagi pedagang pasar tradisional menjalankan usaha juga meringankan beban hidup.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS Jawa Timur, Husnul Huluq mengapresiasi kinerja Gubernur Khofifah yang menaruh perhatian kepada rakyat kecil.

Belum genap seminggu menyerahkan bantuan kepada UMK dan plesterisasi di Ponorogo, tujuh hari berikutnya sudah kembali menyerahkan bantuan.

“Ini menunjukkan perhatian Ibu Gubernur kepada masyarakat kecil sangat besar. Semoga pembangunan Provinsi Jawa Timur lebih maju lebih sejahtera,” jelasnya.

Kata Khusnul Huluq, atas instruksi Gubernur Khofifah nomor 1 tahun 2020, seluruh zakat ASN dan OPD di Jawa Timur disalurkan lewat BAZNAS Jatim.

“Sehingga energi dari Provinsi Jawa Timur sangat kuat. Tentu saja akan terus berkembang meningkatkan pengumpulan zakat,” imbuhnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280