Bentuk Kepedulian, NU Care Lazisnu Kota Surabaya Salurkan Bantuan Ke Lumajang

Keterangan foto: Pemberian bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. | Foto: Ali Wafa
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – NU Care Lazisnu Kota Surabaya menyalurkan bantuan sosial kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang di Posko NU Peduli MWCNU Pronojiwo Dusun Jago Kerreng Desa Taman Ayu Pronojiwo, Lumajang, Kamis (9/12/2021).

Bantuan yang diberikan merupakan hasil dari penggalangan dana peduli erupsi Gunung Semeru yang dilakukan oleh warga Kota Surabaya, mulai dari komunitas, organisasi, kelompok, hingga lembaga pendidikan yang ada di Kota Surabaya.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Bantuan tersebut berupa paket sembako untuk kebutuhan dapur umum, selimut, kebutuhan untuk anak-anak dan bayi, mainan untuk anak-anak dan uang tunai sebesar 5 juta rupiah.

Berita Menarik Lainnya:  PT Matahari Sakti Berbagi Peduli dengan 600 Yatim-Dhuafa

Lutfi Ansori, koordinator bencana alam Lazisnu Kota Surabaya mengatakan, penyaluran bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian warga kota Surabaya kepada para korban erupsi Gunung Semeru.

“Bantuan ini merupakan amanah dari warga Kota Surabaya agar disalurkan kepada saudara-saudara disini untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang menjadi korban erupsi gunung Semeru,” ucap Lutfi.

Selain menyalurkan bantuan, Lutfi bersama tim Lazisnu Kota Surabaya juga mengunjungi tempat yang menjadi titik erupsi Gunung Semeru, yaitu di Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo.

Mereka melihat-lihat kondisi rumah warga yang ambruk dan rusak yang tidak dapat dihuni kembali akibat erupsi Gunung Semeru. Mereka juga sempat menyapa sejumlah penduduk desa yang mengungsi.

Bahkan, Lutfi mengimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya untuk bersama-sama membantu beban korban yang terdampak akibat erupsi Gunung Semeru.

Berita Menarik Lainnya:  Siswa-siswi MTsN 3 Surabaya Gelar Salat Ghaib dan Doa Bersama untuk Korban Semeru

“Kami merasa sangat prihatin dengan kondisi korban saat ini. Rumah-rumah mereka rusak, ringsek dan tidak bisa dihuni. Kami berharap, mari semua masyarakat dimanapun berada untuk bersama-sama bergandengan tangan membantu mereka,” ungkap Lutfi.

“Sebab duka mereka juga duka kita bersama,” pungkasnya.

Keterangan foto: Penyaluran bantuan NU Care Lazisnu Kota Surabaya kepada korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Posko NU Peduli. | Foto: Ali Waf

Sementara itu, Muhammad Farid selaku Koordinator NU Peduli di Pronojiwo menyebut bantuan yang dibutuhkan para korban saat ini adalah kebutuhan-kebutuhan pokok untuk dapur umum dan kebutuhan-kebutuhan untuk anak-anak dan bayi.

Selain itu, juga alat-alat untuk membersihkan lokasi yang terkena erupsi Gunung Semeru. Seperti sekrup, argo, alkon, besi dan lain-lainnya.

“Yang dibutuhkan oleh warga saat ini yakni ketersediaan alat-alat untuk membersihkan lokasi-lokasi yang terdampak,” ungkap Farid.

Berita Menarik Lainnya:  Bantu Korban Bencana Alam, SD Khodijah Berdonasi Lewat NU Care Lazisnu

Sedangkan untuk pakaian-pakaian bekas, Farid menyebut sudah mengalami overload.

“Untuk bantuan yang berupa pakaian bisa ditahan dulu, karena ketersediaan baju di Pronojiwo saat ini sudah sangat banyak,” jelasnya.

Sementara untuk kondisi saat ini, Farid menyampaikan, kondisi di Gunung Semeru masih tetap waspada. Sebagian besar penduduk masih mengungsi pos pengungsian dan di rumah keluarga sendiri.

“Sebagian besar penduduk masih tetap waspada. Mereka tidak diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing sebelum kondisi benar-benar normal,” terang Farid.

Untuk data jumlah penduduk yang mengungsi, sekitar 2.900 penduduk yang berada di pos pengungsian. Untuk korban yang meninggal nyawa sebanyak 43 orang. Sementara untuk korban yang belum ditemukan terdapat 13 orang.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280