Ini Jawaban Bina Marga Malang Terkait Proyek Jalan Nasional Gondanglegi

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Suwignyo
Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Suwignyo
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MALANG – Rencana pembangunan jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Gondanglegi menuju pantai Balekambang Malang selatan yang nantinya akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat saat ini dalam tahap alih status jalan.

Menurut Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang melalui Sekretaris Dinas Suwignyo, rencana pembangunan jalan Gondanglegi menuju Pantai Balekambang saat ini masih dalam tahap proses alih status jalan dari jalan Kabupaten menjadi jalan nasional.

Bacaan Lainnya

“Dan sudah direspon dari teman-teman Balai Jalan Nasional (BJN) serta kami sudah berkoordinasi masalah teknisnya, saat semuanya tahap pematangan menuju perencanaan,” kata Suwignyo saat ditemui awak media, Rabu (9/3/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Viral Jalan Rusak Ditanami Pohon, PUBM Sebut Rehab Jalan Desa Dengkol-Plosokerep Singosari Prioritas

Masalah teknis yang dibahas dengan BJN meliputi kecukupan lebar jalan yang diminta agar memenuhi standart jalan nasional, pihak BJN minta lebar jalan sekitar 12 meter dengan pengerasan jalan antara 7 meter sampai 8 meter.

“Hasil koordinasi dengan BJN, kami diminta menyediakan lebar jalan sekitar 12 meter, namun untuk pengerasan jalan sekitar 8 meter sisanya dipakai bahu jalan dan drainase,” jelas Suwignyo.

Dari hasil survei dari BJN dan PU Bina Marga Kabupaten Malang beberapa waktu, sudah ada beberapa titik atau spot sudah terpenuhi selebar 12 meter.

Ads

“Ada juga yang belum memenuhi standart lebar jalannya, jadi ruas jalan titik atau spot yang belum memenuhi akan dilakukan proses lebih lanjut dari Pemkab Malang sendiri, salah satunya yakni pembebasan lahan atau tanah milik warga yang terkena dampak pembangunan jalan tersebut,” terangnya.

Berita Menarik Lainnya:  Dinas PUBM Malang Janji Segera Perbaiki Infrastruktur Jalan Rusak Akibat Bencana

Terkait proses pembebasan lahan, Suwignyo melanjutkan, saat ini dalam tahap pendataan sesuai yang dibutuhkan, dan sampai saat ini pihaknya masih menunggu dari Pemkab Malang terkait pembebasan lahan.

“Saat ini kami masih menunggu proses pendataan berapa luas tanah yang diperlukan, kami masih menunggu prosea selanjutnya,” bebernya.

Ads

Selama alih status jalan tersebut belum secara resmi diambil alih BJN, maka jalan tadi masih tanggung jawab PU Bina Marga Kabupaten Malang,

“Jadi kami dari PU Bina Marga Kabupaten Malang sampai 2022 masih memprogramkan pekerjaan di ruas jalan Gondanglegi menuju pantai Balekambang sebelum dialih status menjadi jalan nasional. Nantinya ruas jalan tersebut akan melewati jembatan Srigonco di Kecamatan Bantur dan sampai Jalur Lingkar Selatan (JLS),” tandas Pak Wignyo, sapaan akrabnya.

Berita Menarik Lainnya:  Migor Langka, Kecamatan Asemrowo Gelar Pasar Murah

PU Bina Marga Kabupaten Malang berharap proses alih status secepatnya terealisasi di 2022 ini agar proses pekerjaan fisiknya bisa dikerjakan tahun berikutnya.

“Harapan kami proses alih status maupun pembebasan lahan secepatnya selesai, agar proses pekerjaan fisiknya terlaksana tahun depan, karena setelah proses semua selesai baru dilakukan perencanaan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Malang H M Sanusi mengatakan Kementerian PUPR akan melaksanakan pekerjaan ruas jalan Gondanglegi menuju pantai Balekambang dengan anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp600 miliar, dan saat ini dalam proses menuju tahapan lelang perencanaan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR. (nes)

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800