Grebeg Sampah 4 Komunitas Bondowoso, Kumpulkan Tembus 2 Kuintal Sampah

Komunitas
Salah satu anggota komunitas yang turut serta memungut sampah di Alun-alun Bondowoso
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO– Sedikitnya empat komunitas yakni, Gereja Katolik Jawi Wetan (GKJW), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gus Durian, dan Bank Sampah Indonesia (BSI) melakukan bersih-bersih sampah di Alun-alun Ki Bagus Asra, di acara ‘Grebeg Sampah’, Kamis (26/5/2022) sore.

Aksi Grebeg Sampah yang dimulai dari jam 15.00 Wib ini mengumpulkan 30 kantong sampah yang diangkut dua kendaraan roda tiga. Jika dikonversi dalam berat, jumlahnya mencapai dua kuintal.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Di Kecamatan Pasrujambe, Ternyata Banyak Jalan yang Rusak
banner 800x800

Hanis Pristiwanto, Koordinator Aksi, menjelaskan, Grebeg Sampah bertujuan untuk mengedukasi masyarakat di sekitar Alun-alun Ki Ronggo Bondowoso.

“Sampah bukan hanya masalah pemerintah saja. Melainkan, masalah semua pihak, masalah bersama,” ujarnya kepada Jurnalis Beritabangsa.com.

Ads

“Selanjutnya akan dipilah sampahnya. Paling tidak dengan ini kita sedikit berkontribusi, bagaimana kita bisa berperan,” tuturnya.

Dia ke depan akan berupaya bisa melakukan kegiatan serupa di ruang terbuka lainnya yang menjadi titik kumpul atau keramaian masyarakat.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati, Syahrial Fary, mengapresiasi langkah besar yang sudah dilakukan oleh 4 komunitas ini.

Tentu, ini disebutnya menjadi pembelajaran pada semua pihak bahwa sampah menjadi tanggung jawab bersama.

Berita Menarik Lainnya:  DP3AK Pemprov Jatim Cek Pelayanan Dispendukcapil Malang

“Tapi menjadi sebuah kegiatan yang bisa dilanjutkan,” ujarnya di lokasi yang sama.

Dilanjutkan Syahrial, bahwa pemilihan jantung kota sendiri untuk Grebeg Sampah pun dinilainya baik. Karena, Alun-alun menjadi icon Bondowoso yang segala aktivitas masyarakatnya banyak dilakukan di sana.

Sehingga nantinya bisa menjadi edukasi langsung pada masyarakat. Ke depan, pihaknya berharap 4 komunitas ini pun bisa menyelenggarakan edukasi perihal sampah dalam bentuk lainnya.

“Saya berterima kasih pada rekan-rekan komunitas,” tutupnya.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

Pos terkait