Gali Kuburan, Warga Jombang Temukan Benda Kuno Kerajaan

Benda Kuno
Tartib, penggali kubur saat menunjukkan salah satu benda kuno temuannya di kuburan
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, heboh. Menyusul temuan benda kuno yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit, oleh para penggali kubur.

Salah satu penggali kubur memunguti satu persatu benda kuno tersebut. Ada yang masih utuh dan ada pula yang sudah hancur. Para penggali kubur ini baru menggali tanah kurang lebih kedalaman satu meter.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Tartib (68) salah satu penggali kubur menceritakan, temuannya itu diduga benda kuno yang mirip benda peninggalan kerajaan zaman Majapahit.

“Sabtu lalu, saya menemukan 5 benda kuno ini saat gali kuburan. Kalau melihat dari Celupak dan Geni ini, sepertinya sudah ada sejak ratusan tahun lalu,” tutur Tartib kepada Beritabangsa.com pada, Selasa (19/6/2022) sore.

Berita Menarik Lainnya:  Dukung Keterbukaan Informasi, Dinas PMD Pemkab Blitar Beri Bimtek PPID

Tukang gali kubur ini mengatakan, barang temuannya itu langsung diamankan di suatu ruangan rumahnya. Dibungkus dengan kaleng dan plastik kemudian ditutup dengan kardus, barang tersebut dinilai akan aman dalam ruangan tersebut.

“Langsung saya bawa ke rumah dan dibungkus lalu ditaruh di tempat yang aman. Karena kalau ditaruh sembarangan, takut rusak atau hilang,” ujarnya.

Temuanya itu bukan kali pertama selama dia menggali kubur. Benda mirip gerabah dan keramik zaman kuno itu kerap ditemukan saat dilakukan penggalian tanah.

“Sering Mas, dari dulu-dulunya memang banyak yang menemukan barang-barang kuno di tanah kuburan itu. Tapi ya mungkin kurang pengetahuan, jadinya banyak yang sudah hilang,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Gunung Anyar Gandeng UMKM Gelar Baksos Layanan Terintegrasi

Disinggung akan dibuat apa, Tarkib mengaku akan menjual barang temuannya jika ada yang berminat.

Hasil penjualannya biasanya akan tetap dikembalikan untuk merawat kuburan.

“Ya kalau ada yang nawar, saya jual. Uangnya nanti akan dibuat mungkin untuk pelebaran makam itu. Sementara sampai saat ini masih belum ada,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dusun Padang Lor, Suliadi membenarkan informasi temuan barang kuno itu. Ia menyebut salah satu warganya menemukan benda diduga barang kerajaan.

“Ada warga menemukan 5 benda kuno saat gali kuburan. Ada celupak, geni dan lainnya saya tidak tahu nama aslinya,” bebernya.

Berdasarkan dari benda tersebut, kata Suliadi, diduga barang peninggalan kerajaan di jaman Majapahit. Diakui bahwa kawasan makam tersebut seringkali ditemukan benda kuno.

Berita Menarik Lainnya:  Tak Ada Biaya, Jenazah Tersandera Wabup Sidoarjo Turun Tangan

“Memang sekitar makam umum itu, . warga sering menemukan barang-barang seperti itu. Mungkin dulunya di tempat itu adalah sebuah permukiman. Karena ada celupak atau alat penerangan. Apalagi dengan Sumberbeji jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 350 meteran. Tapi ini masih kemungkinan, belum tau juga kepastiannya seperti apa,” jelas Suliadi.

Dia berharap dari sekian kali temuan itu pemerintah terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menindak lanjutinya.

“Harapannya, biar tahu titik terangnya ya segera ditindaklanjuti lah sama dinas terkait. Mungkin harapannya seperti itu saja, kalau barangnya masih tetap diamankan di rumah Pak Tartib yang menemukan ini,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait