Ziarah ke Makam Gubernur Suryo, Khofifah Melakukan Ini

Gubernur Khofifah saat Ziarah makam RMT Ario Soerjo
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MAGETAN– Khofifah Indar Parawansa memimpin apel ziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur, Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo.

Ditemani Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Bupati Magetan dan jajaran Forkopimda serta para Kepala OPD Pemprov Jatim, Kamis (6/10/2022), Gubernur Khofifah memimpin apel ziarah di Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Diikuti keluarga besar almarhum RMT Ario Soerjo.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Danrem 084 Baskara Jaya Bernostalgia di PWI Jatim
banner 1920x1080

Di dalam apel ziarah yang khidmat digelar ini diawali pembacaan sejarah singkat almarhum Gubernur Soerjo. Lalu, Gubernur Khofifah memimpin prosesi penghormatan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan tabur bunga ke makam pahlawan nasional tersebut.

Apel ziarah ke makam RMT Ario Soerjo merupakan tradisi untuk mengawali rangkaian peringatan Harjapro wujud penghormatan atas jasa almarhum.

Sekadar diketahui, RMT Ario Soerjo atau Gubernur Soerjo menjabat sebagai Gubernur Jatim periode tahun 1945-1948. Sebelumnya, dia pernah menjabat Bupati Magetan dari tahun 1938 – 1943.

Berita Menarik Lainnya:  Diduga Gelapkan Honor BPD, 2 LSM Laporkan Mantan Kades Karang Gayam

Dia dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional dan namanya diabadikan sebagai nama jalan utama di depan Gedung Negara Grahadi.

“Apel ziarah ini jadi tradisi dari rangkaian hari jadi provinsi pada 12 Oktober besok. Alhamdulillah ini tahun keempat mimpin apel ziarah ke makam Gubernur Soerjo,” tuturnya.

Di makam pembabat alas Jawa Timur ini, Khofifah berharap generasi muda meneladani perjuangannya. Mempertaruhkan nyawanya untuk negeri ini.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

“Pengorbanan mereka patut diteladani kebetulan Gubernur Soerjo selain pahlawan nasional juga gubernur pertama Provinsi Jawa Timur,” tuturnya.

Berita Menarik Lainnya:  Keliling Pasar, Mendag Pastikan Pasokan Bapok Aman Jelang Lebaran

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto berterima kasih pada Gubernur Jatim yang telah berziarah ke makam Gubernur Soerjo.

“Ahli waris ada di sini dan kita doakan pengorbanan beliau bisa dilanjutkan dan memberi semanga kita semua bangkit dari pandemi,” pungkasnya.

Di sesi akhir, Khofifah membagikan bingkisan dan tali asih kepada 5 keluarga atau ahli waris RMT Ario Soerjo. Disusul santunan kepada 10 anak yatim piatu dan bantuan kepada 50 keluarga kurang mampu.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait