Tutup Latpim Administrator, Gubernur Khofifah Minta ASN Perluas Jejaring

Gubernur
Gubernur Jatim Khofifah saat menutup Latpim Administrator
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Sebanyak 80 peserta Angkatan XVI dan XVII dinyatakan lulus dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di BPSDM Jatim Jl. Balongsari Tama, Surabaya, Kamis (4/8/2022) malam.

Ads

Di forum itu, Gubernur Khofifah meminta para administrator di setiap level birokrasi pemerintahan memiliki inovasi dan kreativitas yang dapat menjawab berbagai tantangan lokal, nasional maupun global.

Bacaan Lainnya

“Para administrator ASN harus produktif menciptakan inovasi dan kreativitas. Sehingga, kehadirannya mampu menjadi penyelesaian masalah dari setiap permasalahan yang muncul di berbagai instansi pemerintahan. Harus memiliki kreativitas dan inovasi yang mumpuni, tidak boleh lagi ada kata tidak bisa,” ujar Khofifah.

Yang penting selain inovasi, Gubernur Khofifah juga mendorong ASN untuk mampu membangun jejaring seluas luasnya sebagai modal sinergi.

“ASN harus kolaborasi, jejaring atau kerjasama dengan berbagai pihak seperti media, instansi vertikal dan horizontal. ASN harus berfikir terbuka tidak boleh berfikir tertutup,” tegasnya.

Semua persoalan, lanjut Khofifah, harus terantisipasi secara sistemik mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai memberikan timbal balik kepada masyarakat.

Artinya, para ASN ini harus melakukan proses peningkatan kapasitas maupun kompetensi, dilengkapi dengan penguasaan terhadap teknologi digital serta leadership yang kuat.

“Pelatihan kepemimpinan yang telah dijalani di BPSDM Jatim ini membentuk seorang birokrat menjadi pemimpin berkarakter. Dari kepemimpinan yang efektif, inovatif dan kepemimpinan yang memiliki daya saing akan menjadi pemimpin penggerak perubahan,” terangnya.

Jawa Timur, lanjut Khofifah terus berupaya melakukan kerja keras, inovasi hingga kolaborasi yang akhirnya membuahkan penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Kemendagri.

Bahkan, Jatim mencatatkan rangking pertama. Prestasi ini menunjukkan buah hasil kinerja yang baik dari para ASN Pemprov Jatim khususnya para operator dan frontliner yang telah bekerja keras yang selama ini berada di lini terdepan memaksimalkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selanjutnya, Provinsi Jatim juga berhasil meraih Penghargaan Terbaik Instansi Pemerintah Kategori Outstanding Achievement dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Capaian tersebut, merupakan hasil kerja keras ASN Provinsi Jatim dengan sinergi berbagai elemen strategis lainnya. Khususnya jajaran Forkopimda Jatim.

“Saya menekankan prestasi yang diraih ini kesemuanya adalah buah dari bekerja keras melebihi tugas. Maka, jika ada penghargaan merupakan sebuah bonus yang harus di syukuri,” jelasnya.

“Selamat kepada alumni Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XVI dan XVII yang telah berhasil menempuh proses pelatihan dengan hasil yang membanggakan. Semoga apa yang telah diraih selama pelatihan para alumni bisa meningkatkan produktifitas di tempat kerja masing masing,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Pos terkait

banner 768x1152