Sekda Bondowoso Beri Kewenangan Desa, Gunakan Dana Desa Untuk Penanggulangan Covid-19

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso Syaifullah memberikan kewenangan pada semua Desa, menggunakan Dana Desa (DD) nya untuk menanggulangi covid-19. Nominal anggaran yang digunakan pun tak dibatasi, yakni menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada di wilayah Desa atas dampak Corona yang dialami.

Tidak ada batas, disesuaikan dengan kemampuan desa. Tergantung kebutuhan dan kemampuan desa,” jelasnya usai rapat dengan para Kepala Desa di Shaba Bina Praja I, Kamis (2/4/2020).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Hibahkan 14 Mobil, Pemkab Bondowoso: Semoga Bermanfaat
banner 1920x1080

Ia menegaskan jika Pemerintah Desa tak perlu khawatir akan terjerat hukum dalam menganggarkan besaran dana. Selama Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) benar, maka Desa tidak akan berurusan dengan pelanggaran hukum.

Adapun peruntukan anggaran penanganan Covid-19 diantaranya belanja Alat Pelindung Diri (APD), belanja disinfektan dan hononarium relawan.

Bagi Desa yang DD tahap pertamanya belum cair diimbau untuk lekas menyelesaikan SPJ-nya. Sebab, penanganan wabah Covid-19 di Bondowoso harus dilakakukan secapat mungkin. Penekanan itu dikarenakan Bondowoso telah dikepung oleh zona merah darurat Corona.

Berita Menarik Lainnya:  Permudah Jamaah Lansia, Gubernur Khofifah Resmikan Travelator Masjid Agung Sidoarjo

Saya sudah koordinasi dengan DPMD, DPPKAD untuk percepatan pencairan Desa yang belum cair. Kita harus bergerak total sebab kita telah dikepung zona merah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis DPMD, Abdur Rahman, menjelaskan, Ada 141 Desa yang sudah melakukan pencairan, dan ada juga desa yang masih belum melakukan pencairan.

Dalam Surat Edaran Bupati, Desa diminta melakukan perubahan penjabaran APBdes. Dari kegiatan mana saja yang bisa di tarik dan di rubah untuk menanganan covid 19 ini. Setelah melaporkan Perubahan APBdes, Pemdes harus melaporkannya pada BPDnya.

Berita Menarik Lainnya:  Sekda Bondowoso : Pemkab Siap Distribusikan Kartu BPNT ditiga Titik

Desa diberi keluasaan dalam perubahan APBdesnya, untuk penanganan covid 19 ini, Akan tetapi Desa harus punya skala prioritas kegiatan di daerahnya pada saat musdesnya, untuk penanganan covid ini ya sesuai kebutuhan ditiap Desa,” ungkapnya kepada beberapa awak media.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait