Raih IGA 2021, Pemkot Mojokerto Tutup Tahun dengan Prestasi

Pemkot Mojokerto meraih anugerah sebagai Kota terbaik dalam Inovasi. Wali Kota Ning Ita menunjukkan sertifikat penghargaan dari Mendagri, Rabu (29/12/2021) | Humas Pemprov Jatim
Pemkot Mojokerto meraih anugerah sebagai Kota terbaik dalam Inovasi. Wali Kota Ning Ita menunjukkan sertifikat penghargaan dari Mendagri, Rabu (29/12/2021) | Humas Pemprov Jatim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MOJOKERTO – Di penghujung 2021, Pemerintah Kota Mojokerto mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 kategori Kota Sangat Inovatif.

“Prestasi yang kita peroleh hari ini adalah hasil gotong royong bersama. Bukan hanya prestasi wali kota, tapi prestasi bersama,” ujar Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari, saat mengikuti penganugerahan penghargaan IGA secara virtual di pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Rabu (29/12/2021).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Khofifah Resmikan Tiga Lembaga Pendidikan Khadijah
banner 1920x1080

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian Indeks Inovasi Daerah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terdapat empat tahapan yang harus dilalui dalam penilaian tersebut, yakni tahapan penjaringan, pengukuran, penilaian, dan validasi lapangan.

Sebelumnya, Pemda juga harus melaporkan atas inovasi yang dilakukan selama 3 tahun terakhir secara online, realtime dan transparan melalui laman website milik Kemendagri. Kota Mojokerto sendiri diketahui telah memiliki 84 inovasi aplikasi terdaftar.

Berita Menarik Lainnya:  Hadir di Jombang, Suharso Monoarfa Sebut PPP Serius Persiapkan Pemilu 2024

Ning Ita menyebut penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat atas komitmen daerah yang senantiasa berupaya melakukan inovasi.

“Ini sekaligus sebagai wujud pembuktian bahwa kita mampu untuk selalu memberikan yang terbaik dan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Di bawah kepemimpinan Ning Ita, setiap tahunnya setiap OPD dituntut melahirkan inovasi baru.

Menurutnya, sebagai salah satu langkah untuk memacu segenap abdi negara di lingkungan Pemkot Mojokerto agar senantiasa melayani yang terbaik.

Ning Ita meminta agar setiap OPD tidak berpuas diri, tetap fokus meningkatkan kinerja, dan senantiasa bersinergi.

Berita Menarik Lainnya:  Dr Erwin Diamanahi Jabatan Kadinkes Jatim Setelah Sukses Tangani Covid di RSLI

“Saya yakin masih banyak ide-ide kreatif yang bisa dilahirkan dari tiap perangkat daerah,” tukasnya.

“Pada 2022, mari kita keluarkan ide kreatif dan inovasi terbaik, sebagai wujud abdi negara yang mampu memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa,” pungkasnya.

Ning Ita kali ini menyerahkan 10 aplikasi dengan nilai tertinggi, antara lain yaitu layanan SamPelMas, Gelai sang Ratu, Curhat Ning Ita, Ngarang biji? Good bye, GAYATRI Kendali COVID (Gerbang Layanan Informasi Terpadu dan Terintegrasi), SI-MAPAN (Solusi Medis Lengkap Dalam Genggaman), Aplikasi E-Surat, Brantas Tuntas, PPDB online, dan MAGIS.

banner 600x310

Pos terkait