Percepat Tahapan Verfak Calon Walikota Independen, PPK Semampir Lakukan Ini

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Guna mempercepat tahapan verifikasi faktual (Verfak) calon independen Walikota – Wakil Walikota Surabaya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Semampir dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan wilayah Kecamatan Semampir berinisiatif mengumpulkan puluhan petugas verfak syarat dukungan bakal cawali – cawawali Independen, di Kantor Kelurahan Wonokusumo.

Menurut Fuad selaku anggota PPK Semampir Divisi Tehnis, inisiatif tersebut dinilai karena tahapan verfak dukungan syarat bakal calon independen walikota Surabaya Yasin – Gunawan ini hanya dua minggu.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Eri Cahyadi-Armuji Resmi Direkom PDIP di Pilwali Surabaya
banner 1920x1080

Tahapan verfak syarat dukungan calon ini sebentar, mulai 24 Juni – 12 Juli 2020. Sementara data pendukung puluhan ribu. Makanya kita berikan arahan tehnis kepada petugas saat melakukan verfak dilapangan,” ucapnya. Rabu (1/7/2020) malam.

Selain itu Fuad mengaku, arahan diberikan kepada petugas verfak karena saat ada kendala dilapangan, petugas bisa menyelesaikannya sesuai aturan KPU.

Ada beberapa kendala saat petugas memverifikasi syarat dukungan calon independen. Misal pendukung calon tidak sesuai dengan alamat, alamat pendukung calon tidak lengkap, pendukung tidak berada di rumah, pendukung tidak mau difoto dan data pendukung tidak mau memberikan pernyataan saat mengaku tidak pernah mendukung calon,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Khofifah Ajak Rumah Sakit Berlari Percepat Reformasi Siskesnas

Sementara hingga hari ini, kata Fuad seluruh data persyaratan dukungan bakal cawali – cawawali independen yang dikerjakan puluhan petugas masih 42%.

Mulai tanggal 24 Juni 2020, tahapan verfak dilakukan PPS, untuk Petugas tambahan yang direkrut PPS belum bisa turun, karena ditengah pandemi ini, kelengkapan APD petugas belum turun dari KPU, tapi mulai besok, petugas sudah bisa turun memverifikasi syarat dukungan calon walikota independen dengan tetap memakai protokol kesehatan,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Soal Penanganan Covid di Jember, PKB Minta Bupati Optimalkan 3T

Fuad juga sangat berharap kepada masyarakat se-kecamatan Semampir yang diverifikasi, agar fair dalam memberikan pernyataannya bahwa mereka mendukung calon independen apa tidak. Sebab menurutnya ini penting dilakukan agar menghasilkan calon Walikota dan Wakil Walikota yang berintegritas.

“Masyarakat harus percaya, karena petugas yang direkrut itu merupakan tahapan dari KPU. Data menjadi sepenuhnya kerahasiaan untuk keperluan KPU dalam menghadapi Pilwali Surabaya tahun 2020,” pungkasnya.

Reporter : Ais

banner 600x310

Pos terkait