POTLUCK Kelas 7 SMP Negeri 4 Surabaya Realisasikan Rancangan Kegiatan SRA

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Paguyuban Orang Tua Kelas Untuk Anak Cerdas Berkarakter (POTLUCK) Kelas 7 Tahun 2020 / 2021 segera direalisasikan, dengan merancang kegiatan berupa program, SMP Negeri 4 Surabaya menuju Sekolah Ramah Anak (SRA).

Dengan mengajak dan mengundang orangtua siswa perwakilan paguyuban (POTLUCK) secara virtual, Join Zoom, untuk mengkoordinasikan antar walimurid yang telah bersedia bergabung menjadi anggota pembentukan paguyuban kelas 7 (POTLUCK), Sabtu (25/7/2020) pukul 12:30 wib – 14:00 wib. Siang.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Kepala sekolah SMP Negeri 4 Surabaya Moch Kelik Sachroen Djailani menyampaikan, Program-program, tugas dan peran POTLUCK secara virtual. Karena saat ini masih belum bisa bertatap muka, disebabkan pandemi Covid-19 dan memasuki tatanan New Normal.

Berita Menarik Lainnya:  Antisipasi Banjir, Paguyuban RW Asemrowo Adakan Rapat Intern

Dengan tugas dan peran POTLUCK yang luar biasa untuk memajukan SRA, ada langkah- langkah yang harus dicermati, pertama Berkoordinasi dengan seluruh orangtua di kelasnya untuk membentuk kepengurusan, minimal ketua, sekretaris, dan bendahara, yang kedua menyusun program yang sesuai dengan kebutuhan anak dikelasnya, kebutuhan orang tua untuk anak dan kebutuhan guru untuk anak, mulai dari assesmen anak, mengecat dan menghias kelas sehingga anak2 nyaman di kelasnya, ketiga mensosialisasi program, keempat membagi tugas sesuai keputusan bersama, kelima pelaksanaan program dan yang terakhir evaluasi.

“Intinya bagaimana orang tua bisa berpartisipasi secara optimal untuk memajukan, SRA Spenfora. ANAK SENANG, GURU TENANG, ORANGTUA BAHAGIA,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Mahasiswa Unusa Hadirkan Inovasi Mixed Mask

Salah satu bentuk dukungan orang tua terhadap program Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah dengan melibatkan wali siswa secara aktif dan langsung dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan erat dengan program SRA.

Dalam hal ini SMPN 4 Surabaya memiliki sebuah program yang bertajuk Paguyuban Orang Tua Kelas Untuk Anak Cerdas Berkarakter yang kemudian disingkat POTLUCK.

Melalui Potluck ini paguyuban orang tua seluruh kelas 7 di SMPN 4 Surabaya, menyusun rencana kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama 1 tahun.

“Kegiatan yang dirancang tersebut berbeda-beda tiap kelasnya sesuai kesepakatan bersama. Untuk penyusunan program tersebut,” jelasnya.

Ada beberapa contoh, Program Potluck yakni, Guru inspirasi dengan kelas inspirasi. Ortu memberikan pembelajaran sesuai dengan bidang dan ketrampilannya. Kelas Orang tua, salah satu orang tua sharing ilmu kepada sesama orang tua dalam pengasuhan atau yang lain. Sharing ortu dan guru secara berkala. Ngaji bareng ortu dan guru serta anak. Sarapan dan makan pagi bersama anak dan guru yang disediakan ortu. Menghias kelas dari 3 (tiga) pilar (guru, siswa, dan orangtua). Assessment perkembangan siswa dengan psikolog untuk mengetahui kecerdasan, potensi, hambatan anak.

Berita Menarik Lainnya:  35 Anggota OSIS Baru MA Subhanah Digembleng PBB dan LDK

“Selanjutnya, zoom meeting virtual POTLUCK, diisi dengan tanya jawab, sharing informasi sesama wali siswa,” terangnya.

Semoga POTLUCK kelas 7 bisa segera menyusun program dan langkah-langkah, Sehingga paguyuban segera menjalankan program kelas mereka masing-masing.

“Hal ini tak lepas dari peran penting wali kelas sebagai fasilitator dan mengharapkan dukungan penuh dari seluruh wali siswa dan siswa-siswi. Supaya SMPN 4 Surabaya, semakin mantap menjadi Sekolah Ramah Anak,” pungkasnya.

Reporter : Mooch

banner 600x310

Pos terkait