Munaqosah MTsN 5 Ngawi, Ajang Ujian Hafalan Quran Siswa

Drs. Mustafid Kepala MTsN 5 Ngawi saat memberikan sambutan
Drs. Mustafid Kepala MTsN 5 Ngawi saat memberikan sambutan
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-NGAWI- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 5 Ngawi kembali menyelenggarakan munaqosah tahfizul Quran untuk kelas VII, VIII, IX di Musala MTsN 5 Ngawi selama tiga hari, 12 sampai 14 April 2022.

Kepala Madrasah MTsN 5 Ngawi Drs Mustafid mengatakan Munaqosah Tahfizul Quran juz 1-5 dan Juz 26 – 30 , merupakan ujian kelas Tahfiz yang bertujuan untuk menguji hafalan siswa kelas tahfiz MTsN 5 Ngawi.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Mahasiswa Baru UNAIR Ikuti Ujian SBMPTN Dari Rumah
banner 1920x1080

Kegiatan ini diadakan setiap tahun, tujuannya untuk meningkatkan kualitas hafalan para siswa.

“Alhamdulillah untuk tahun ini ada yang sudah sampai juz 8 dengan harapan di tahun mendatang lebih banyak lagi peserta yang mengikuti program ini,” ujarnya.

Kegiatan ini kata Kamad MTsN, selain salah satu program unggulan madrasah juga berfungsi untuk menilai kemampuan siswa dalam menghafal 30 juz dan surat-surat pendek pilihan, sebagai bekal sebelum lulus.

Berita Menarik Lainnya:  Wisudawan Unusa Raih Cumlaude di Tengah Minoritas

“Mudah-mudahan kalian diberkahi oleh Allah SWT, saya yakin Alquran itu pedoman hidup, karena yang kita baca itu firman Allah, maka harus ada adab dalam membacanya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama tim penguji memberikan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan agar memperoleh nilai yang baik

“Peserta munaqosah tahfizul Alquran  harus memenuhi beberapa kriteria penilaian antara lain, dari segi hafalan, tajwid dan naghom harus sesuai,” ujar Siti Urwatul Rofiqoh, SAg, salah satu tim penguji.

Berita Menarik Lainnya:  Pakar Pendidikan Islam di Surabaya Menyayangkan Aksi Unjuk Rasa Pelajar

Terlihat siswa yang menunggu giliran begitu serius mengulang bacaan agar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh tim penguji.

“Kegiatan ini dapat menguji mental dan keberanian saya serta melatih daya ingat dalam menghafal ayat-ayat suci Alquran,” ungkap Ilham Fatihi salah satu siswa usai diuji.

Selanjutnya bagi siswa yang dinyatakan lulus dan memenuhi kriteria hafalan yang ditetapkan oleh tim penguji akan diberikan sertifikat.

banner 600x310

Pos terkait