MoU 837 SMK dengan Unesa Perkuat Skill Dicatat MURI

Keterangan foto: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Rektor Unesa Prof Muhammad Nur, usai Dies Natalis Puncak Unesa melakukan MoU dengan 837 SMK se Jatim percepat skill dan mempercepat kampus merdeka belajar, Selasa (21/12/2021).
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA
Memorandum of Understanding atau kerjasama belajar antara 837 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Jatim dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), berorientasi memperkuat skill siswa SMK se Jatim.

Kerjasama itu dilakukan pada puncak Dies Natalis Unesa ke-57, dengan Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Timur yakni untuk SMK negeri dan swasta di Jawa Timur.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Wahid Wahyudi dan Rektor Unesa Prof Dr. Nur Hasan.

Menariknya, perjanjian kerja sama dengan 837 SMK ini bahkan tercatat sebagai rekor MURI dengan jumlah kerjasama terbanyak sekaligus.

Berita Menarik Lainnya:  Kasus Covid-19 di Madura Meningkat, KKN UNTAG Surabaya Fokus Sosialisasi Patuh Protokol Kesehatan dan Edukasi Vaksinasi Covid-19

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa hadir di acara puncak Peringatan Dies Natalis Unesa, Selasa (21/12/2021).

Kata Khofifah, langkah Pemprov dan Unesa ini menjadi starting point; untjk percepatan kemandirian dalam banyak hal di Unesa.

Salah satunya implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, melakukan perjanjian kerjasama dengan 837 lembaga SMK negeri dan swasta lingkup Pemprov Jawa Timur.

“Hari ini MoU antara kepala dinas dan Rektor Unesa dari 2.181 SMK di Jawa Timur, 837 akan MoU dengan pembimbing tim Unesa yag punya 12 prodi vokasi,” urai Khofifah.

Dikatakan Khofifah, kerjasama tersebut menjadi penting bagi pemprov karena format magang dan merdeka belajar membutuhkan ruang yang lebih luas bagi siswa SMK dan tentu bersifat resiprokal bagi mahasiswa Unesa.

Berita Menarik Lainnya:  Libatkan Respon Emosional dalam Teknik Copywriting

“Saya berharap ini menjadi percepatan dari penguatan skill yang dimiliki anak-anak SMK yang ada didalam koordinasi Pemprov Jatim,” tegasnya.

Semisal melalui program SMA Double Track yang dipandu oleh ITS, sekarang untuk SMK spesifik MoU dengan Unesa, akan ada percepatan, penguatan dan kemandirian dalam penguasaan spesifik skill bagi SMK di Jatim.

Khofifah bahkan mengungkap ingin mendirikan pendidikan tinggi vokasi di Tuban sesuai kebutuhan industri setempat. Apalagi, 4 tahun ke depan Pertamina Rosneft sudah bisa beroperasi.

Sedangkan Rektor Unesa Prof Nur Hasan menjabarkan ada beberapa bidang yang akan difokuskan dalam kerjasama ini, meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Berita Menarik Lainnya:  Hari Kedua Pelaksanaan ANBK SMA Ta'miriyah Berjalan Lancar

Kemudian dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB), Unesa memberi kuota 25 persen untuk lulusan SMK di Jawa Timur.

Dan beasiswa khusus untuk siswa berprestasi. Selanjutnya, magang mahasiswa atau calon guru di lembaga SMK.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi menambahkan adanya kerjasama ini merupakan bentuk implementasi Merdeka Belajar kampus Merdeka.

Sebanyak 837 lembaga dengan rincian 296 SMK negeri dan 541 SMK swasta di Jatim akan menjalin kerja sama dengan empat fakultas di Unesa yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Bahasa dan Seni serta Fakultas Vokasi.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280