Mahasiswa KKN Untag Surabaya Beri Siswa SDN Rangkah 06 Edukasi PHBS

Keterangan foto: Anisah Hassanah, Mahasiswa Untag Surabaya saat memberikan materi pola hidup sehat dan bersih (PHBS) kepada siswa - siswi SDN Rangkah 06, Surabaya.
Silahkan Share ke :

Beritabanngsa.com, Surabaya
Mahasiswa Universitas Agustus 1945 Surabaya (Untag), yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), memberikan edukasi pola hidup sehat dan bersih (PHBS) kepada siswa – siswi SDN Rangkah 06, Surabaya.

Adalah Anisah Hasanah memberikan edukasi PHBS sejak dini kepada siswa-siswi SDN Rangkah 06 Surabaya, di tengah masa pandemi Covid-19, melalui KKN yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Fitri Norhabiba, S.I.Kom.,M.I.Kom.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Pandemi Covid-19 adalah wabah global yang menghantam dunia termasuk Indonesia.

Penyakit dengan nama severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) ini memukul segala aspek semisal ekonomi, sosial, agama dan pendidikan.

Berita Menarik Lainnya:  KKN Untag Surabaya Bekali Santri Teknologi e-Commerce

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pakar kesehatan merekomendasikan penerapan pola hidup sehat dan bersih secara disiplin dengan protokol kesehatan.

Dengan kegiatan edukasi ini dapat diketahui pula sejauh mana upaya sekolah dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih kepada para siswanya, SDN Rangkah 06 Surabaya.

Anisah memaparkan PHBS merupakan gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi, perilaku sehari- hari serta rutinitas olahraga yang dapat menjaga kondisi kesehatan agar dapat terhindar dari penyakit.

“Tujuan pola hidup sehat adalah untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit, dan juga bisa menjaga kesehatan mental agar tidak mudah depresi ataupun stress. Sehingga imun tubuh terus terjaga dan tidak mudah tertular virus Covid-19,” kata mahasiswi semester VII Fakultas Ilmu Politik dan Sosial (Fisip) Untag Surabaya ini.

Berita Menarik Lainnya:  Unusa Terima Kunjungan IIKNU Tuban Untuk Studi Banding
Keterangan foto: Dokumentasi foto bersama Anisah Hasanah bersama para guru dan siswa-siswi SDN Rangkah 06 Surabaya.

Menurutnya, salah satu cara memelihara kesehatan yaitu dengan cara menjaga kesehatan pribadi. Kesehatan pribadi merupakan bagian dari pendidikan yang harus diterapkan pada anak sejak dini melalui peran orang tua maupun guru di sekolah.

Contohnya, di lingkungan SDN Rangkah 06 Surabaya juga telah ada penyediaan tempat cuci tangan dan penyediaan handsanitizer.

Kegiatan promosi kesehatan melalui sosialisai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penanaman kebiasaan sehat sebelum pembelajaran dimulai.

Selanjutnya, untuk mengevaluasi pembiasaan hidup sehat guru meminta peserta didik agar pembiasaan hidup sehat yang dilakukan di rumah untuk didokumentasi dalam bentuk foto atau video.

Berita Menarik Lainnya:  Pandemi Belum Berakhir, Ketum LPM Suramadu Imbau Warga Jangan Lengah

“Oleh karena itu, upaya sekolah dalam menerapkan pola hidup sehat peserta didik memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19,” tegasnya.

Lebih lanjut, Anisah menjelaskan metode pelaksanaan yang digunakan dalam program edukasi penerapan pola hidup sehat kepada siswa-siswi SDN Rangkah 06 Surabaya yaitu penyampaian materi dan penerapan.

“Selain materi, juga ada games yang berkaitan dengan tema pola hidup sehat agar siswa-siswi dapat lebih mudah memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan dari progam ini adik-adik siswa dapat menerapkan pola hidup sehat sejak dini dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Selain pemaparan materi, Anisa juga menghibur siswa-siswi SDN Rangkah VI dengan memberi paket masker, snack dan tumbler sebagai kenang-kenangan.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280