KKN Mahasiswa UTM Adakan Sosialisasi Pelatihan Budidaya Rumput Laut

Silahkan Share ke :

Pamekasan, Beritabangsa.com – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tergabung dalam Kuliah kerja nyata (KKN) Kelompok 66 yang melakukan pengabdian di desa Tanjung Kecamatan Pandemawu Kabupaten Pamekasan telah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat setempat, salah satunya mengadakan sosialisasi dan pelatihan Budi daya rumput laut menggunakan metode Keremba jaring apung.

Rumput laut merupakan salah satu potensi desa Tanjung, hal ini yang mendorong kami untuk memberikan hal baru terhadap desa Tanjung dengan besar harapan apa yang telah kami berikan ini bisa bermanfaat bagi desa,” papar Fifi salah satu anggota KKN. Sabtu (28/12/2019).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  ITS Bentuk Dua Prodi Baru
banner 1920x1080

Muhammad Diki Firmansyah sebagai penanggung Jawab kegiatan, mengatakan bahwasannya sosialisasi ini sebagai teknologi yang tepat guna dilakukan pihaknya kepada masyarkat desa Tanjung, yakni berupa metode Budi daya rumput laut menggunakan Keremba jaring apung.

Hal ini dirasa sangat efektif dan efesien untuk digunakan di budi daya rumput laut, metode ini dirasa bisa mengatasi beberapa masalah yang selama ini sering terjadi dibudi daya rumput laut seperti halnya Hama ikan kecil, penyu, tata ruang, dan efesiensi waktu. Dengan demikian semoga adanya inovasi yang dilakukan oleh kami ini bisa bermanfaat kepada para petani Budi daya rumput laut,” tambah Mahasiswa Jurusan Agrobsnis tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Dies Natalis ke-35, ITB WiGa Gelar Pekan Ilmiah

Sementara Thohir selaku ketua kelompok Tani Pokdakan Mitra Jumiang Tanjung mengapresiasi Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo.

Sangat bagus dan bermanfaat untuk kelompok tani rumput laut karena sebelumya di desa jumiang memakai metode semi long line dan baru pertama kali dapat ilmu metode vertikal net yang lebih maju daripada semi longline,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kasus Covid-19 di Madura Meningkat, KKN UNTAG Surabaya Fokus Sosialisasi Patuh Protokol Kesehatan dan Edukasi Vaksinasi Covid-19

Untuk diketahui, dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para petani Budi daya rumput laut yang tergabung dalam POKDAKAN MITRA JUMIANG TANJUNG. (ALDI)

banner 600x310

Pos terkait