Khofifah Raih Anugerah Tokoh Inisiator Komunikasi Digital

ISKI
Gubernur Jawa Timur

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) menganugerahkan Khofifah Indar Parawansa sebagai tokoh Inisiator Komite Komunikasi Digital (KKD) pertama di Indonesia.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Ketua Umum ISKI Pusat Larila Mona Ganiem dalam konferensi nasional komunikasi (KNK) di gedung negara Grahadi, Surabaya beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Tujuan dicetuskannya KKD, menyusul perkembangan teknologi digital, tantangan tersendiri bagi sarjana konunikasi. Pesatnya arus informasi membawa potensi masalah, dan distorsi komunikasi.

Berita Menarik Lainnya:  Unusa Bedah Tantangan dan Peluang e-Sport di Masa Depan

Maka dari itu, Gubernur Khofifah membuat langkah strategis menginisiasi KKD dan yang pertama di Indonesia. Tugasnya, memastikan masyarakat menerima informasi yang akurat, akuntabel, dan berkualitas, dan terhindar dari kabar palsu atau hoax.

Komunikasi yang baik dan akurat adalah kebutuhan dalam merawat persaudaraan dan persatuan bangsa.

ISKI dapat menggerakkan langkah strategis itu guna mewujudkan harapan di masyarakat luas.

“Mari kita tumbuhkan referensi komunikasi yang baik yaitu berkata yang benar dan memuliakan orang lain. Bukan mendistorsi atau men-downgrade,” ujarnya.

Komunikasi tidak hanya berputar pada bagaimana manusia berinteraksi dengan manusia lainnya, juga bagaimana manusia komunikasi dengan alam semesta.

“Hari ini kita melihat banyak sekali banjir ataupun longsor. Kalau kita mengambil referensi Alquran surah Al-Anfal, maka ada campur tangan manusia di dalamnya. Artinya komunikasi antar manusia dengan alam dan lingkungan itu memengaruhi bagaimana alam memperlakukan kita,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Lagi, Unitomo Surabaya Gelar UKW Angkatan II dan Launching Situs Web

Betapa berat tugas ISKI untuk dapat mengharmonisasi komunikasi dengan banyak elemen. Terutama kesantunan komunikasi di ranah digital.

“Kita tahu hari ini kalau banyak yang bersosial media dengan kurang santun. Bagaimana kita baik dalam Hablumminallah, Hablumminannas, maupun dengan alam dan lingkungan sekitar,” tuturnya.

Di acara pelantikan PW ISKI Jatim 2022 – 2025. Kursi Ketua Umum diisi oleh Rachmah Ida; Ketua I Bidang Kerjasama dan Organisasi dijabat oleh Suko Widodo; serta Ketua II Bidang Keilmuan, Penelitian dan Pengembangan Profesi dijabat oleh Catur Suratnoaji.

Berita Menarik Lainnya:  Dosen Universitas Narotama Ikuti Pembekalan Duta Kampus Merdeka

Sementara, Ketua III Bidang Organisasi dan Keanggotaan diisi oleh Jokhanan Kristiyono; Sekretaris Jenderal adalah Syafrida N. Febriyanti; Sekretaris Umum dijabat Poppy Febriana dan Intan Fitranisa; sedangkan posisi Bendahara Umum diisi oleh Putri Aisyiyah R. dan Ririn Puspita Tutiasri.

Ketua Umum Rachmah Ida mengatakan, ISKI siap mendukung perkembangan bangsa dengan segala sumber yang mereka miliki.

“Resources kami yang cukup memadai, karena kami punya 65.000 lulusan komunikasi yang bergabung di ISKI. Maka dengan ini, kami siap berkontribusi untuk pembangunan negara lewat komunikasi,” imbuhnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *