Gebyar Ekstra, SMAN 1 Ponggok Jaring Potensi dan Minat Peserta Didik

SMAN 1 Ponggok
Penampilan kelompok Hadroh yang menjadi bagian dari ekstrakurikuler SMAN 1 Ponggok
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BLITAR- Setelah bulan tujuh akhir melaksanakan MPLS dan kemah karakter untuk peserta didik baru, kali ini SMAN 1 Ponggok kembali mengadakan acara gebyar ekstra, Jumat (12/8/2022).

Kegiatan gebyar ekstra yang dilaksanakan ini bertujuan agar peserta didik baru bisa mengenal ekstrakurikuler di SMAN 1 Ponggok, sehingga mereka bisa masuk ekstrakulikuler sesuai minat mereka.

Bacaan Lainnya

“Selain untuk menarik minat peserta didik baru, acara gebyar ekstra ini bisa menjadi kesempatan untuk murid SMA Negeri 1 Ponggok untuk menunjukkan bakat mereka di acara ini,” kata Wiwik Dwiastutik selaku kepala sekolah.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa acara ini dipersiapkan secara matang untuk benar-benar menyaring dan melihat bakat serta kemampuan para peserta didik.

“Acara ini sangat penting bagi kami dan para guru beserta staf, untuk bisa melihat potensi peserta didik maka kami dan jajaran keluarga besar SMAN 1 Ponggok mempersiapkan acara ini sematang mungkin. Jadi dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta didik bisa memilih ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat mereka,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kampung Batik Desa Candimulyo Madiun Kandidat Desa Devisa

Acara gebyar ekstra kali ini, menampilkan ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Ponggok dan juga penampilan lomba mulai dari hadrah, atraksi pramuka, lomba menyanyi dan ekstrakurikuler lainnya.

“Dalam acara gebyar ini, kita menampilkan banyak pilihan seperti yang telah dilakukan tadi oleh para peserta didik. Hal ini untuk memberi pilihan sesuai minat dan kemampuan peserta didik bagaimana nanti proses dan pendidikan ke depannya,” lanjutnya.

Kegiatan acara ini, didesain semeriah mungkin, karena dalam beberapa tahun terakhir tidak bisa mengadakan semacam kegiatan apapun yang dikarenakan pandemi Covid- 19.

“Acara ini memang harus menarik dan meriah. Karena acara kali ini kita tidak dibatasi oleh adanya sosial distancing karena covid 19. Banyak penampilan ekstra dan stand ekstra yang kami buat luar biasa meriah biar para peserta didik baru jadi tahu banyak tentang ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Ponggok,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Gubernur Khofifah Ajak Apindo Jatim Perkuat Sektor Pertanian

Selain daripada itu, diadakannya acara ini juga untuk membuat peserta didik baru itu bisa saling mengenal dan memperluas pergaulan antar siswa dan antar angkatan.

“Acara ini juga penting untuk mempererat dan memperluas pertemanan antara peserta didik baru dengan kakak angkatan di atasnya. Seperti diadakannya lomba basket yang kita silang antar kelas, jurusan dan angkatan dalam pertandingan ini. Tujuannya adalah biar peserta didik saling berinteraksi dan mendapat temen-temen baru,” lanjutnya.

Dan yang lebih lagi, dari diadakannya acara gebyar ekstra kurikuler ini adalah untuk mencegah para peserta didik dari kenakalan remaja. Karena mereka akan sibuk dan disibukkan dengan kegiatan dan keterikatan pada kegiatan yang diminati.

Berita Menarik Lainnya:  Dampak Covid-19, IKANUHA Bagikan Ratusan Paket Sembako

“Sebenarnya, kegiatan ini juga untuk mencegah peserta didik dari segala macam kenakalan remaja. Karena dengan memiliki kegiatan ekstra pilihan sebagaimana yang diminati oleh peserta didik, maka akan lebih sedikit ada waktu luang untuk berfikir dan melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat. Kegiatan ekstra kurikuler itu sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk berkembang dan mengembangkan diri sesuai potensinya,” imbuhnya.

Sebagai penutup, Kasek SMAN 1 Ponggok mengatakan bahwa dari kegiatan yang diadakan sehari full dengan 18 ekstrakurikuler yang ada. Diharapkan peserta didik sudah bisa menentukan pilihan sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya untuk aktif di ekstrakurikuler yang mana.

“Harapan besar saya, semoga dengan kegiatan ini. Para peserta didik bisa menentukan pilihan dan arah kemana mereka akan mengembangkan dan menempa potensi diri mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280