Arumi Bachsin: Setiap Orang Tua Miliki Insting Dasar Bentuk Anak Hebat

Dokumen Istimewa
Dokumen Istimewa
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Ketua Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, menegaskan setiap orang tua harus memiliki insting dasar membentuk anak yang hebat.

“Setiap orang tua pasti memiliki insting dan kemampuan yang diberikan oleh Tuhan Yang Kuasa secara otomatis mendidik dan memberikan pola asuh kepada setiap anak,” ungkap Arumi Bachsin di hadapan 112 wisudawan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Angkatan I Kabupaten Lamongan di Kantor BKKBN Provinsi Jatim di Surabaya, Jumat (26/11/2021).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Gelar Pelepasan Siswa, Wali Murid SMA Khadijah Beri Kado Istimewa Untuk Guru

Setiap generasi yang akan hadir di dunia, memiliki kemampuan dan kemajuan sesuai zamannya.

Untuk itu, pola asuh anak harus dilakukan seimbang antara ibu dan ayah.

“Saya yakin orang tua memiliki insting luar biasa dalam memberikan pola asuh kepada anak. Terlebih di dukung oleh ilmu pengetahuan yang telah diberikan SOTH,” terangnya.

Ada tiga kebutuhan dasar dalam membentuk generasi atau anak-anak hebat, yakni Asah, Asih, dan Asuh.

Sikap Asah adalah intisari dari pengasahan kemampuan anak baik dalam internal maupun eksternal.

Di sini anak wajib mendapat pendidikan baik dari pendidikan formal maupun non formal, termasuk pemberian stimulasi hingga olahraga.

Untuk tahap Asih, sebagai bentuk kasih sayang dari orang tua yang merupakan pemberian dari Allah SWT. Kebutuhan ini merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang anak dan pengembangan karakter.

Berita Menarik Lainnya:  Lima Dosen Unusa Gelar Pengmas Pengecetan Gram

“Faktor ini akan menimbulkan rasa percaya diri dan mengurangi gangguan mental terhadap emosional anak,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk kebutuhan anak Asuh meliputi pemberian nutrisi yang cukup. Penyediaan tempat bermain yang memadai, perawatan saat sakit, lingkungan yang sehat dan baik.

Arumi berpesan kepada peserta SOTH Lamongan yang dinyatakan lulus untuk tetap semangat mendidik dan menyebarluaskan ilmu pengasuhan sebagai orang tua penerus generasi bangsa.

“Saya yakin 25 tahun mendatang, pada saat Indonesia berusia 100 tahun yakni 2045 para anak-anak kita bisa terbentuk generasi emas,” tegasnya.

Tampak hadir Bupati Lamongan Dr. H. Yuhronur Efendi MBA dan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jatim Waluyo Aheng Lukitowati S.ST MM.

Berita Menarik Lainnya:  Arumi: Ibu = Pahlawan di Masa Pandemi

Bupati Lamongan Dr. H. Yuhronur Efendi MBA mengungkapkan, rasa haru, senang dan bangga. Karena SOTH telah melahirkan orang tua hebat dan gemilang.

“Saya sampaikan terima kasih atas nama masyarakat dan ikhtiar menyiapkan generasi emas mendatang,” tegasnya.

Kata dia perkembangan teknologi informasi tentang pola asuh tidak bisa tergantikan dengan sentuhan dari para orang tua dalam mengasuh, mendampingi anak dengan baik dan benar. Maka kesempatan menjadi orang tua hebat jangan disia-siakan.

“Ilmu yang didapat harus dikembangkan dan diperluas agar semakin banyak orang tua hebat baru memberikan pola asuh anak dengan baik dan penuh kasih sayang,” tutupnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280