Pendaftar Panwascam di Probolinggo Tembus 780 Orang, Tertinggi di Jatim

Pendaftar Panwascam di Kabupaten Probolinggo Capai 780 Orang, Tertinggi di Jatim

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Pendaftaran Panitia Pengawas Pilihan Umum Tingkat Kecamatan (Panwascam) sudah selesai, termasuk di Kabupaten Probolinggo. Tak disangka, jumlah pendaftar di Kabupaten Probolinggo justru tertinggi di Jawa Timur.

Tercatat pendaftar Panwascam sebanyak 780 orang di Kabupaten Probolinggo. Rinciannya, 591 laki-laki dan 189 perempuan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Dituding Jassmass Bela Purel, Mahfudz: Mereka Hanya Pengamen
banner 1920x1080

Bahkan, pendaftar Panwascam di Kabupaten Probolinggo tertinggi di Jatim. Padahal, kuota yang dibutuhkan sebanyak 72 orang.

Terbanyak kedua Bojonegoro, ada 446 pendaftar; disusul Kabupaten Bondowoso 416 pendaftar, Kabupaten Jember 390 pendaftar, Kota Surabaya 374 pendaftar, dan terakhir Kabupaten Banyuwangi sebanyak 370 pendaftar.

Tingginya angka pendaftar di Kabupaten Probolinggo, tak luput dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan. Baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Berita Menarik Lainnya:  Minyak Goreng Langka, Kejari Bangka Gelar Pasar Murah

“Sebelum pendaftaran dibuka, kita memang jauh-jauh hari menyampaikan pada masyarakat. Saya kira ini efektif ya sehingga banyak masyarakat yang mendaftar Panwascam,” jelas Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Yonki Hendriyanto, Rabu (28/09/2022).

Lanjut Yonki, jika ditarik ke belakang pada Pemilu 2019 angka pendaftar tahun ini meningkat drastis. Di 2019 lalu, pendaftar Panwascam hanya 320 orang.

Berita Menarik Lainnya:  Kunjungi Kampung Tangguh Desa Padasan, Neng Ufa Berikan Bantuan

“Tentu ini juga bagian dari semakin minatnya masyarakat untuk mengawasi secara langsung bagaimana proses dan tahapan Pemilu 2024. Ini bisa menambah semangat Bawaslu dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Nantinya, setelah tahap pendaftaran selanjutnya, panitia akan melakukan verifikasi berkas administrasi dan tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *