Pemkab Jombang Pecahkan Rekor Muri Tingkeban Massal di 22 Lokasi

Acara tingkeban massal yang digelar Pemerintahan Kabupaten Jombang, Sabtu (23/10/2021) | Dokumen Istimewa
Acara tingkeban massal yang digelar Pemerintahan Kabupaten Jombang, Sabtu (23/10/2021) | Dokumen Istimewa
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Jombang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang pecahkan rekor MURI Tingkeban Massal serentak di 22 lokasi secara virtual dengan peserta terbanyak, Sabtu (23/10/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten Jombang itu, diikuti 660 ibu hamil dari 21 kecamatan. Dengan menjalani prosesi pecah cengkir dan dodol dawet secara bersamaan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sepekan Tak Ada Kabar, Lansia di Jombang Ditemukan Meninggal
banner 1920x1080

Menurut Munjidah, kegiatan ini adalah wujud kebahagiaan ibu hamil di tengah pandemi Covid 19.

“Ini adalah salah satu cara kami merawat budaya selametan dalam masyarakat Jawa. Biasa disebut Mitoni, berasal dari kata Pitu, yang artinya tujuh. Yang dilaksanakan pada usia kehamilan tujuh bulan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sebagai rangkaian HUT ke-111 Kabupaten Jombang. Yang tahun ini terasa istimewa, karena beriringan dengan peringatan Hari Santri Nasional dan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Salwa Resmikan Lab PCR Covid-19 Di RSUD Bondowoso.

“Tahun ini juga disemarakkan dengan kegiatan Jawa timur Bersholawat, Istiqosah dan Tahlil Qubro, serta upacara di lapangan Pemkab Jombang. Yang dirangkai dengan peluncuran logo Jombang Santri yang artinya Santun Tertib Religius Inovatif,” tambahnya.

“Selain itu juga ada penyaluran 4000 paket bansos untuk disabilitas, penghargaan dan apresiasi pada Polres Jombang dan kelurahan/desa terbaik. Serta ziarah makam Pahlawan yang dilakukan Forkopimda dan kepala OPD,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Jatim Sjaichul Ghulam, yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengucapkan selamat hari jadi ke-111 Pemkab Jombang

Berita Menarik Lainnya:  Polisi Autopsi Mayat Gadis Telanjang di Area Persawahan Jombang

“Kami berharap Pemkab Jombang semakin dewasa dan bijaksana, dalam menyikapi berbagai perubahan, hambatan dan ancaman kehidupan kedepannya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi momentum kearifan budaya yang kaya akan makna, nilai budaya dan filosofi,” ujarnya.

Selain prosesi seremonial, ratusan ibu hamil ini juga mendapatkan pembekalan dan paket perlengkapan bayi dari bupati dan dinas kesehatan. Serta doa dan ceramah agama dari ulama Gus Muwafiq.

banner 600x310

Pos terkait