Peduli Duafa, Ormas Bersama Komunitas Bangun Rumah Warga Berkebutuhan Khusus

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Ditengah pandemi tak menyurutkan untuk terus peduli pada sesama. Seperti yang di lakukan oleh beberapa ormas dan komunitas di Bondowoso ini.

Ormas dan komunitas tersebut sangat peduli duafa dengan melakukan bakti sosial, membangun rumah dan jamban warga yakni Jakfar Sodik RT 09/RW 02 Dusun Sagger Desa Jambesari Kecamatan Jambesari Bondowoso.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Jakfar shodik sendiri merupakan seorang pria dengan kondisi sakit lumpuh berusia 50 tahun.

Setiap hari ia tinggal seorang diri di dalam sebuah rumah tidak layak huni, berdinding anyaman bambu, beralaskan tanah tanpa WC.

Berita Menarik Lainnya:  PU BIMA PR Bojonegoro: Selama 2022 Kita Bangun 58 Jembatan

Tidak ada barang berharga apalagi dikatakan mewah di dalam rumah Jakfar sodik. Hanya ada satu ruangan sebagai tempat untuk tidur dan itupun berkumpul sama jamban.

Kompor untuk masak menggunakan anglo yang letaknya bersebelahan dengan tempat tidur, untuk memasak ia pun harus menunggu tetangga yang lewat untuk membantu karna keterbatasan fisiknya.

Melihat kenyataan itu, ormas dan komunitas tersebut tergerak hati untuk melakukan bakti sosial membangun rumah Jakfar.

Mereka bergotong-royong membangun rumah bertahap secara bergiliran. Mulai dari membangun kamar tidur, dapur, hingga WC.

Beberapa ormas dan komunitas yang dimaksud adalah MWC NU Jambesari, PAC ANSOR Jambesari, Komunitas Srikandi Bondowoso dan Penyuluh Agama Kecamatan Jambesari.

Berita Menarik Lainnya:  Harga Kedelai Naik, Pengrajin Tahu di Bondowoso Naikkan Harga

Wahib Gufron selaku penyuluh agama mengatakan, melihat kondisi Jakfar Sodik, langsung bergerak melakukan pengalangan dana melalui swadaya masyarakat.

Alhamdulillah Terkumpul Dana sekitar 3.5 juta. Meskipun Jumlah tersebut masih jauh dari target pembagunan yang di rencanakan, namun kami tidak akan putus asa untuk peduli duafa dengan menyelesaikan hingga pembagunan selesai,” ungkapnya pada jurnalis beritabangsa.com, minggu (5/7/2020).

Wahib berharap sinergitas lembaga-lembaga swasta, perlu kiranya terus untuk dikembangkan bersama. Dengan melakukan gerakan lima ribu perbulan, bisa mencapai target yang di butuhkan berkisar 8 juta rupiah.

Berita Menarik Lainnya:  Warga Jebung Kidul Ringkus 2 Pencuri Motor Asal Kalisat Jember

Insyaallah dengan berinfaq 5000 tiap bulan, insyaallah bisa mencapai target,” tuturnya.

Sementara Ketua Srikandi Bondowoso Lia Fujiayanti mengatakan, kali ini srikandi bisa turut andil dalam pembangunan dapur, WC dan kamar untuk Jakfar.

Alhamdulillah, meski dalam pandemi kami (Komunitas Srikandi Bondowoso) bisa membantu sesama,” katanya.

Lia sangat berterima kasih kepada segenap para donatur yang telah ikut berpartisipasi.

Semoga kedepan lebih semagat lagi untuk membantu sesama,” tutupnya.

Untuk informasi, sebernarnya sudah tersedia bantuan RTLH (Rumah Tidak  Layak Huni) dari Pemerintah Kabupaten namun belum di tempati oleh jakfar, karena belum tersedianya dapur, kamar dan WC.

Reporter : Andi

banner 600x310

Pos terkait