Wagub Jatim Orang Pertama Disuntik Vaksinovac di Jawa Timur

Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Wagub (Wakil Gubernur) Jatim (Jawa Timur) Emil Elestianto Dardak orang pertama yang di suntik vaksinovac untuk wilayah Jawa Timur, kemudian diikuti pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Kamis (14/01/2021).

“Alhamdulillah proses vaksinasi berjalan lancar dan cepat juga. Tadi saya sempat tidak melihat lengan saya sih. Saya merasa lega dengan sedikit deg-degan, mungkin cukup manusiawi ya. Saya sendiri juga belum tahu kalau akan menjadi orang pertama di Jawa timur yang mendapatkan vaksin ini,” kata Emil.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Kembangkan UMKM, Emil Dardak Gandeng OJK Detailkan Program Pembiayaan Fintech
banner 1920x1080

Setelah 30 menit menerima vaksin Covid-19, Emil mengaku tidak merasakan reaksi apa pun. Artinya, kata dia, vaksin tersebut bisa dikatakan aman. Apalagi, proses uji coba terhadap vaksin Covid-19 Sinovac tersebut terbilang ketat, sebelum akhirnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan surat izin penggunaan darurat.

“Sebelum kita ini banyak sekali yang mengikuti uji klinis tahap tiga. Jadi ini telah mengikuti proses yang sangat ketat sebelum BPOM mengeluarkan izin,” kata Emil seusai menjalani vaksinasi.

Emil mengajak masyarakat Jatim untuk tidak takut dengan program vaksinasi sebagai bentuk ikhtiar pemerintah dalam memerangi virus corona di Indonesia. Dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Rabu kemarin, Presiden Jokowi telah melakukan vaksinasi bersama dengan penerima yang lain. Ini merupakan salah satu ikhtiar kami bersama, bukan berarti tidak lagi menerapkan protokol kesehatan lagi ya,” ucap mantan Bupati Trenggalek itu.

Berita Menarik Lainnya:  Seorang Pasien Positif Covid-19 di Bondowoso Sembuh

Ia mengatakan, Jawa Timur akan memfokuskan proses vaksinasi awal di tiga daerah, yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik pada 15 Januari 2021.

“Kalau prioritas awal ada di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Harapan kami dalam waktu sangat dekat proses vaksinasi dapat segera tersebar ke 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Jawa Timur juga sudah mendapatkan alokasi tambahan 120 ribu dosis vaksin yang akan datang pada awal Februari 2021. Di sisi lain juga terus dilakukan pelatihan kepada petugas penyuntik vaksin agar proses vaksinasi berjalan lancar.

“Rencana pada periode 4 Januari-Maret kami memberikan pelatihan kepada vaksinator total sebanyak 7.200. Hari ini sudah ada 2.404 vaksinator yang tersebar di 435 di rumah sakit rujukan dan 900-an di puskesmas,” ujar suami Arumi Bachsin itu.

Berita Menarik Lainnya:  Evaluasi Penggunaan Dana 2020, Komisi II DPRD : Keuntungan PDAM Bondowoso Menurun

Sementara itu, dalam vaksinasi pertama di Jatim itu juga terdapat 22 nama penerima, di antaranya adalah Wakil Ketua II DPRD Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kajati, Sekda Prov Jatim, Wakapolda Jatim, Ketua IDI Jatim, Kepala RS TNI AL Dr. Ramelan, Kabiddokes Polda Jatim, Kepala BBPOM Surabaya, Dirut RSUD Dr. Soetomo, Dekan FKM Unair, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim, Ketua DPW PPNI Jatim, Ketua SPSI, anggota PGRI, dan Youtuber atau influencer asal Malang Bayu Skak.

Selain itu juga ada anggota IBI Jatim, anggota Pemuda Hindu Jatim, anggota Pemuda Kristen Jatim, Pemuda Ansor Jatim, dan tokoh pemuda Jatim atau influencer Arrizal Liwafa.

Reporter : Ali Wafa

banner 600x310

Pos terkait