Siswa SD Citrodiwangsan 02 Divaksin

Siswa SD Citrodiwangsan 02 Divaksin
Pelaksanaan vaksinasi Sinovac untuk anak SD Citrodiwangsan, di Lumajang dimulai, sejak Kamis (17/2/2022).
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM– LUMAJANG – Vaksin Covid-19 untuk siswa SD Negeri Citrodiwangsan 02 dilakukan, Kamis (17/02/2022) di ruang kelas IV.

Data yang ada, jumlah sasaran untuk vaksin anak usia 6-11 tahun di Indonesia mencapai 26.5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

“Untuk di sekolah kami melaksanakan mulai Kelas I untuk pemberian vaksin pertama dan Kelas II-VI pemberian vaksin dosis II,” kata Kepala Sekolah SDN Citrodiwangsan 02, Dra Ida Husnia.

Berita Menarik Lainnya:  Wabup Asahan Tutup Asahan Expo 2022

Ida mengatakan kalau pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun sesuai Instruksi Presiden.

“Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19 di lingkungan lembaga kami,” terangnya.

Diketahui, vaksin yang akan digunakan untuk anak usia 6-11 tahun adalah jenis Sinovac.

Vaksin ini sudah mengantongi izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

Sudah sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac akan digunakan hingga akhir Desember 2021 lalu, kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes.

Berita Menarik Lainnya:  Yenny vs Cak Imin, Sekjen PP Barikade Gus Dur: Mbak Yenny Sudah Tak Ikut Berperan

Diungkap, bahwa alasan pemerintah menggunakan Sinovac sebagai vaksin untuk anak 6-11 tahun, salah satunya adalah kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang tergolong ringan.

Berdasarkan kajian dari ITAGI dan evidence based yang dilaksanakan, Sinovac ini memiliki KIPI yang kecil sehingga diprioritaskan untuk anak.

Salah satu wali murid yang memberikan izin kepada anaknya untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di sekolahnya, sebut saja Siti, menyampaikan kalau hal ini mengikuti instruksi pemerintah untuk proses percepatan vaksinasi secara nasional.

Berita Menarik Lainnya:  Wow, Ekonomi Jatim Tumbuh 5,20 Persen Kuartal I, di Atas Nasional 5,01 Persen

“Iya ini mengikuti pemerintah agar pencegahan Covid-19 ini lebih lebih tercapai dan semoga segera terhindar dari berbagai varian Covid-19 nantinya,” ucapnya.

Perlu diketahui, tahapan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak SD, prosedurnya antara lain, penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili.

Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari.
Sebelum vaksinasi harus dilakukan skrining memakai format standar.

“Ada sejumlah wilayah yang memenuhi kriteria vaksin Covid-19 untuk anak SD,” ujarnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280