Penutupan Pasar Kapasan Surabaya, Begini Alasannya!

Surabaya, Beritabangsa.com – Perusahaaan Daerah (PD) Pasar Surya memutuskan menutup Pasar Kapasan Surabaya. Alasan tersebut diambil karena ada salah seorang pedagang dinyatakan positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Keputusan tersebut diambil untuk memutus penyebaran COVID-19 di Pasar Kapasan.

Penutupan berdasarkan keputusan Direksi PD Pasar Surya melalui surat tertanggal 3 April 2020 dengan surat nomor SU-758/01/ IV/2020. Sedangkan tidak beroperasionalnya Pasar Kapasan dimulai hari ini, 4 April 2020, hingga 14 hari kedepan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Mewaspadai Penyebaran Covid-19, Pemkab Tuban Keluarkan Surat Resmi Tentang Aturan Pelaksanaan Shalat Jumat
banner 1920x1080

Setelah 14 hari akan dilihat perkembangannya seperti apa. Sesuai protokol memang 14 hari,” kata Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya, Muhibuddin, Sabtu (4/4/2020).

Ia melanjutkan, tidak dioperasionalkannya sementara Pasar Kapasan memang tak lepas dari adanya salah satu orang yang sehari-hari beraktivitas di Pasar Kapasan yang berstatus confirm COVID-19.

Sebagai langkah penanganan demi pencegahan penyebaran virus, PD Pasar Surya mengambil langkah tidak mengoperasionalkan Pasar Kapasan. “Kita harus segera mengambil langkah, segera kita lakukan penutupan,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Desa Paguan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Serta Pembagian Masker untuk Pencegahan Covid-19

Direktur Pembinaan Pedagang Taufiqurahman menambahkan, meski Pasar Kapasan tidak beroperasional per 4 April 2020, tetapi khusus pedagang pasar setempat masih diperbolehkan datang ke pasar. Toleransi itu hanya diberikan pada hari pertama penutupan, yakni 4 April 2020.

Pedagang dipersilakan mengemasi, mengamankan atau mengambil barang dagangannya. Itu supaya selama pasar tidak beroperasi, pedagang tetap bisa memasarkan barang dagangan, mungkin secara online,” imbuhnya.

Taufiqurahman menegaskan, Pasar Kapasan tidak diperbolehkan ada aktivitas per 5 April 2020. Meski demikian, bagi pedagang yang tetap ingin mengambil barang dagangan tetap diperbolehkan, namun dengan akses yang terbatas.

Berita Menarik Lainnya:  Cegah Penyebaran COVID-19, Kades Sanggra Agung Keluarkan Himbauan Untuk Warganya

Manajemen PD Pasar Surya hanya akan membuka satu pintu untuk keluar-masuk pasar. Itu pun dengan screening yang ketat,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Pasar Kapasan tadi malam disemprot disinfektan oleh Tim dari Pemkot Surabaya. Selain di dalam pasar, di luar pasar pun disemprot oleh petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Reporter : Ais

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *