Memilih Asuransi Kesehatan Perlu Mengetahui Tips yang Benar

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM Asuransi di Indonesia banyak jenisnya, bagi Anda yang ingin berikan perlindungan pada kendaraan yang dimiliki, Anda bisa memilih asuransi mobil All Risk terbaik atau asuransi TLO. Lalu, ada pula memilih asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan pada nasabah yang membelinya.

Asuransi kesehatan penting untuk lindungi diri Anda dari risiko keuangan karena sakit ataupun kecelakaan. Asuransi kesehatan berikan manfaat yang beragam mulai dari proteksi biaya rawat inap di rumahnya sakit sampai perawatan jalan pra serta pasca rawat inap di rumah sakit.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Selain itu, beberapa asuransi kesehatan pun sediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan, baik itu normal atau sesar. Asuransi kesehatan yang terbaik umumnya punya jaringan rumah sakit rekanan yang luas, manfaat pertanggungan yang lengkap, sampai limit asuransi sebanding biaya rumah sakit serta premi dibayarkan.

Oleh karena itu, perlu mengetahui tips memilih asuransi kesehatan terbaik, salah satunya jangan fokus pada premi yang murah saja, tapi pertimbangkan pula manfaat sampai limitnya. Selain itu, pertimbangkan pula reputasi dan kesehatan keuangan perusahaan sampai manfaat pertanggungan.

Berita Menarik Lainnya:  Ketua PWI Jatim Angkat Bicara Soal Kadisdikbud Pasuruan 'Jagoan'

Tips Pilih Asuransi Kesehatan yang Terbaik.

Pilihlah yang Klaim Asuransi Bisa Dinikmati Penuh

Supaya dapat nikmati klaim asuransi penuh, Anda perlu perhatikan apakah produk asuransi yang dibeli terapkan copayment atau tidak. Copayment merupakan biaya harus dibayarkan peserta asuransi ketika terima pelayanan kesehatan.

Untuk dapat menikmati klaim asuransi kesehatan dengan penuh, maka Anda harus pilih produk asuransi kesehatan yang tak haruskan bayar copayment.

Pilih Asuransi Kesehatan dengan Premi yang Sesuai dengan Kemampuan.

Pilih asuransi kesehatan dengan nilai premi sesuai dengan kantong Anda. Pastikan kewajiban bayar premi asuransi tak akan kurangi kemampuan Anda di dalam penuhi kebutuhan sehari-hari.

Perlu untuk diingat bahwa besar dan kecilnya nilai premi yang Anda bayarkan akan pengaruhi jenis pelayanan kesehatan yang diterima.

Premi yang dibayarkan semakin tinggi, maka fasilitas kesehatan disediakan seperti ruang rawat inap serta jenis perlakuan medis yang didapatkan akan menjadi lebih berkualitas.

Biaya premi asuransi kesehatan yang murni lebih murah daripada asuransi unit link yang juga tawarkan manfaat asuransi dan juga investasi. Ini karena asuransi kesehatan murni akan memakai 100 persen premi dibayarkan untuk pertanggungan biaya kesehatan.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Tinjau Vaksinasi Anak

Selain itu, jika Anda beli asuransi kesehatan ketika masih muda, premi perlu untuk dibayarkan pun kian murah. Hal itu karena pihak asuransi akan nilai resiko penyakit kronis yang dapat menimpa Anda kecil daripada yang telah berumur.

Pilih Asuransi Kesehatan yang Punya Jangka Waktu Pertanggungan Panjang

Pastikan asuransi kesehatan yang Anda pilih berikan jaminan kesehatan selama seumur hidup. Jika rata-rata angka harapan hidup orang Indonesia sekarang ini 72 – 80 tahun. Maka pilih asuransi yang janjikan masa waktu masa pertanggungan yang selama itu.

Beberapa perusahaan asuransi bahkan berikan jangka waktu pertanggungan sampai 80 – 99 tahun. Anda pun dapat memilih asuransi yang ditawarkan fleksibel di dalam perpanjang jangka waktu pertanggungan.

Pilih Asuransi Kesehatan yang Berikan Pelayanan Klaim dengan Cepat dan Mudah

Ketika memilih asuransi kesehatan pastikan klaim diterapkan secara mudah dan cepat. Pastikan asuransi kesehatan yang Anda punya berikan pelayanan klaim selama 24 jam sehari serta 7 hari per minggu.

Beberapa asuransi bahkan janjikan klaim tak sampai 1 jam untuk klaim dengan nilai yang kecil di bawah Rp10 juta.

Pilih Asuransi Kesehatan dengan Masa Tunggu Penyakit yang Tak Terlalu Panjang

Sejumlah asuransi kesehatan memberikan syarat masa tunggu untuk sejumlah penyakit. Sehingga, jika nasabah terserang penyakit itu tak dapat klaim asuransinya ketika masa tunggu itu.

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Probolinggo dan PMI Gelar Penyemprotan Disinfektan

Pilihlah Asuransi Kesehatan dengan Jaminan Rawat Inap yang Menarik

Ketika memilih asuransi kesehatan, perhatikan jaminan rawat inap yang perusahaan asuransi tawarkan. Hal ini ingatkan kebutuhan rawat inap akan jadi biaya terbesar ketika jalani perawatan di rumah sakit.

Perhatikanlah perhitungan biaya kamar di rumah sakit yang perusahaan asuransi berikan. Selama jalani rawat inap pastinya Anda akan lebih nyaman jika berdiam di kamar besar serta nyaman yang biasanya memiliki harga lebih tinggi. Pastikan produk asuransi yang Anda ambil bisa jamin besarnya biaya kamar ditanggungkan.

Pilih Asuransi Kesehatan yang Punya Jaringan Rumah Sakit Luas

Perhatikan apakah perusahaan asuransi mempunyai jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit. Kerja sama perusahaan asuransi serta rumah sakit akan memudahkan proses klaim asuransi karena memungkinkan untuk urus asuransi dengan cashless, sehingga Anda tak perlu bayar di muka lalu harus tunggu uang diganti pihak asuransi.

Itulah sejumlah tips memilih asuransi kesehatan terbaik. Semoga bermanfaat!

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280