Maksimalkan Yankes di Malang Barat, Pemkab Malang Operasikan RSUD Ngantang

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngantang telah diresmikan Bupati Malang. Dengan RSUD Ngantang, pelayanan kesehatan, akses bagi warga masyarakat di wilayah Malang barat
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg. Arbani Mukti Wibowo
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MALANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngantang telah diresmikan Bupati Malang. Dengan RSUD Ngantang, pelayanan kesehatan, akses bagi warga masyarakat di wilayah Malang barat (Pujon, Ngantang dan Kasembon) akan maksimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo mengatakan, keberadaan RSUD Ngantang tipe D ini memiliki jumlah tempat tidur 70 buah, dan fokus melayani masyarakat di wilayah Malang barat.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Wow, Gubernur Khofifah Terapkan Pemutihan Pajak Sambut Ramadan

“Setelah RSUD Ngantang beroperasi, masyarakat di tiga wilayah (Pujon, Ngantang dan Kasembon) tidak perlu jauh jauh untuk mendapatkan rujukan, cukup ke sini (red-RSUD Ngantang) sudah bisa tertangani,” kata Arbani, Rabu (6/4/2022).

Arbani menambahkan, walaupun RSUD Ngantang tipe D, bisa melayani masyarakat dengan 4 bidang spesial asalkan ketersedian tempat tidur cukup.

“Karena saat yang menentukan tipe RS berdasarkan jumlah tempat, dan RSUD Ngantang dengan tipe D bisa melayani dengan lebih 4 bidang spesialis, asalkan tempat tidur yang ada cukup untuk melayani masyarakat Ngantang pada khususnya dan wilayah Malang barat pada umumnya,” terang Arbani.

Ads

Selain itu, tenaga medis yang tersedia di RSUD Ngantang saat ini berjumlah 80 tenaga medis dari berbagai bidang spesialis.

Berita Menarik Lainnya:  Pulihkan Ekonomi, Jatim Gelar Pameran dan Peragaan Batik di Tugu Pahlawan

“Karena di wilayah tersebut yang banyak kasus resiko kelahiran, jadi kami prioritaskan spesialis kebidanan ditunjang dengan spesialis anak juga. Nanti kita kontrak tenaga medis dan tenaga spesialis dari kebidanan dan anak,” beber pria selalu memakai kacamata ini.

Ads

Dilihat dari wilayah cakupan, maka Kecamatan pare dan Kota Batu juga bisa terlayani di RSUD Ngantang ini,

“Namun untuk awal ini kami untuk sementara masih fokus pada pelayanan kesehatan di tiga Kecamatan, seperti Pujon, Ngantang dan Kasembon. Untuk prasarana RS tersebut saya rasa masih kurang, seperti lahan parkir perlu diprioritaskan untuk segera diselesaikan supaya tidak mengganggu warga sekitar RS tersebut,” imbuh Arbani.

Berita Menarik Lainnya:  PAC GP Ansor Ketapang Juarai Turnamen Futsal Ansor 2022

Untuk motto program kerja RSUD Ngantang, Arbani menyerahkan sepenuhnya pada jajaran Direksi RS setelah melihat hasil study kelayakan dan master program yang ada.

“Biar manajemen RS yang menjelaskan setelah meluhat hasil dari study kelayakan dan master program RS itu sendiri, namun yang jelas pasti ada,” pungkas Arbani.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800