Libur Ramadhan, Santri Pulang Didata dan Dicek Suhu Tubuhnya

Bondowoso, Beritabangsa.com – Beberapa Pondok Pesantren di Jawa timur telah tiba Libur Ramadhan dan memulangkan Santrinya. Bondowoso yang merupakan Daerah agamis yang tak sedikit masyarakatnya nyantri di luar daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan bersama para relawan NU mengantisipasi terjadinya penyebaran dan pencegahan covid 19, dengan melakukan pendataan dan pengecekan suhu tubuh para santri yang pulang, di Unej kampus Bondowoso, kamis, (2/4/2020).

Para santri yang datang dengan menggunakan Bus sebelum pulang kerumahnya masing-masing di periksa subu tubuhnya dan di data oleh petugas dari puskesmas asal santri itu tinggal.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Lantik MUI Bangkalan, Ketua MUI Jatim: Perkuat MUI dengan 4 Hal
banner 1920x1080

Hal ini, dibenarkan oleh dokter Arif Sudibyo Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Bondowoso, selaku tim gugus tugas pencegahan covid-19 di Bondowoso, yang turut mengawasi proses pemeriksaan di lokasi.

Hari ini pemulangan santri, kita lakukan pemeriksaan terhadap suhu tubuh, karena gejala awal dari covid 19 ini biasanya suhu badannya naik, makanya dilakukan proses screning terlebih dahulu, jika suhu badan melebihi 38 derajat, nanti akan dilakukan pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Perokok Tidak Rajin Sikat Gigi, Simak Berikut Dampaknya

Lanjut dokter Arif, dari data santri yang pulang belum ada yang suhu tubuhnya melebihi 38. Hari ini Santri yang pulang berasal dari Pasuruan dan Probolinggo, dan dua daerah tersebut belum ada yang positif, jadi tidak masuk ODP dan ODR.

Beda dengan santri yang berasal dari zona merah, masuk ODR (Orang Dalam Resiko),” tuturnya.

Sementara itu, KH Asyari Fasya Selaku Ketua Majlis Ulama Bondowoso yang juga merupakan Alumni dari pondok pesantren Sidogiri, mengatakan, sesuai dengan peraturan pemerintah akan pencegahan dan penyebaran covid 19, kepulangan Santri, agar pulang dengan rombongan bis dan wali santri dapat menjemput di satu tempat (induk penjemputan).

Berita Menarik Lainnya:  Kejar Herd Immunity, Relawan Bodreks Surabaya Mendata Warga Yang Belum Tervaksin

Kemaren kepulangan santri dari PonPes Genggong, alhamdulillah berjalan dengan baik, tadi pagi PonPes Nurul Jadid, sekarang PonPes Sidogiri sedang berjalan. Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada para koordinator pemulangan dari semua pondok pesantren atau pun relawan ini, yang telah turut membantu pemerintah dalam masalah ini,” pungkas Kiai Asyari yang juga Pengasuh PonPes Nurut Tholabah ini.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *