Ketua DPRD Kota Surabaya Ikuti Donor Plasma Konvalesen

Keterangan foto : Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono saat mengikuti screening donor plasma konvalesen yang di gelar PT SIER Rungkut Surabaya.
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengikuti screening donor plasma konvalesen yang di gelar PT SIER Rungkut Surabaya, Selasa (31/8/2021).

Screening donor plasma konvalesen itu untuk membantu PMI menyediakan stok darah bagi pasien Covid-19.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Aji Sutarwijono mengucapkan terima kasih kepada PT. SIER karena difasilitasi mendonorkan darah plasmanya.

“Kami berharap makin banyak pendonor plasma konvalesen dan ini adalah upaya kita untuk menularkan, membagikan spirit kehidupan kepada mereka yang terjangkit virus Covid-19,” ujar Adi setelah proses screening donor plasma konvalesen.

Berita Menarik Lainnya:  Alhamdulillah, Lima Pasien Covid-19 di Jatim Kembali Dinyatakan Sembuh

Di tempat yang sama, Adi menyinggung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk SD dan SMP di Surabaya. Dirinya berharap jangan sampai PTM justru mengakibatkan Covid-19 makin melonjak lagi. Sehingga harus diatasi dengan disiplin protokol kesehatan, jika perlu siswa didik diberikan edukasi prokes sejak dini dan mengaktifkan UKS sebagai bagian Satgas Covid-19.

“Pertama prokes itu penting untuk mencegah orang terjangkit atau terinfeksi Covid-19, sehingga kalau diselenggarakan pembelajaran tatap muka di sekolah, harus disediakan Satgas Covid-19 di sekolah-sekolah karena itu bisa mendisiplinkan anak-anak untuk mematuhi protokol kesehatan, UKS-UKS harus direvitalisasi lagi, karena ini kan selama ini UKS tidak pernah aktif ya, sekarang harus diaktifkan lagi sebagai bagian Satgas Covid-19 di sekolah-sekolah,” terang pria yang pernah menjadi jurnalis tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Bantu Pasok Pendonor Plasma Konvalesen, TNI dan Relawan Pendamping RSLKI Kerahkan Penyintas

Selain mengaktifkan UKS sebagai Satgas Covid-19, untuk kenyamanan PTM maka orang tua harus memberikan ijin bagi anaknya, dan Adi juga mendorong agar Pemkot Surabaya memprioritaskan vaksinasi bagi pelajar. “YES..” jawabnya ketika mendapatkan pertanyaan Ketua DPRD Surabaya mendorong Pemkot Surabaya memvaksin lebih banyak pelajar.

Tak hanya ketua DPRD Kota Surabaya, antusiasme masyarakat yang mengikuti screening donor plasma konvalesen dan donor biasa yang digelar di halaman PT. SIER terlihat dari pengumpulan kantong darah yang melebihi target.

“Targetnya hari ini kami mendapatkan 100 bag donor darah biasa dan 50 bag minimal untuk donor darah plasma konvalesen. Alhamdulillah antusiasme tinggi lebih dari kuota yang kami tadi dapatkan, pukul 10 sudah 156 bag kombinasi, mudah-mudahan ini bisa membantu PMI Surabaya dalam mengisi bank darah yang dibutuhkan para penderita Covid,” kata Direktur Operasional PT. SIER Didik Prasetiyono.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar Donor Darah, PWI Bondowoso Siap Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

Sementara PMI Kota Surabaya ketika disinggung mengenai penyediaan stok darah plasma konvalesen sebagai upaya antisipasi kelangkaan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu karena kekosongan stok darah plasma. Maka PMI Kota Surabaya siap jemput bola dengan menghubungi penyintas Covid-19 dan mengadakan screening donor plasma sesuai prokes.

“Cotoh disini, ketika sudah lulus baru kita siapkan, kita hubungi by phone kapan mereka bisa melakukan donor darah, sehingga tidak terlalu antri dan tidak terlalu banyak yang datang ke PMI untuk menghindari terjadi kontak antar manusia. Jadi prokes adalah lagunya wajib,” ujar Wakil Ketua PMI Kota Surabaya Tri Siswanto.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280