Gandeng Dokter RSU dr Soetomo, Pengurus Masjid Cheng Hoo Surabaya Beri Pelatihan Membuat Hand Sanitizer

Surabaya, Beritabangsa.com – Pengurus Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya menggandeng dokter dari RSU dr Soetomo memberikan pelatihan cara membuat hand sanitizer secara mudah dan murah guna membatasi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Cara pembuatan hand sanitizer itu dipraktekan langsung oleh dr Edi Suyanto yang juga menjabat sebagai Satgas Penanggulangan Covid-19 di RSU dr Soetomo Surabaya dan PWNU, Jumat (20/3/2020).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  PMI Bondowoso Bagikan Masker kepada Relawan Banjir Ijen
banner 1920x1080

Kami undang dr Edi ini untuk memberitahu ke masyarakat khususnya jemaah di sini, bagaimana cara membuat hand sanitizer. Karena banyak masyarakat di sini mengeluh harganya mahal. Nah, ini kami lakukan untuk mengurangi itu,” ungkap Ketua Umum Pengurus Masjid Muhammad Cheng Hoo, H Abdullah Nurawi seusai Salat Jumat.

Untuk membuat hand sanitizer, dr Edi mengatakan jika masyarakat hanya perlu pemutih pakaian. Bahan itu sudah dipastikan sama seperti hand sanitizer yang dijual di pasaran.

Berita Menarik Lainnya:  Satgas Covid-19 NU Siapkan Jamu Rempah Gratis untuk Pasien Isoman

Masyarakat tidak perlu cemas, tidak perlu khawatir. Cukup beli sebungkus pemutih pakaian, merek apapun tidak apa-apa. Lalu masukkan ke ember yang sudah berisi air sebanyak dua liter. Sudah, jadi hand sanitizer,” terang dr Edi.

Ia menyatakan, bahwa di rumah-rumah sakit pun juga memakai hand sanitizer yang dibuat dari pemutih pakaian. Bahkan, di bandara-bandara juga memakai itu.

Berita Menarik Lainnya:  Hari Ini, Kabupaten Bangka Tambah 3 Positif Covid-19

Ini sudah diuji. Aman. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir lagi. Apalagi panik. Harganya pun murah. Boleh dicoba di rumah, diterapkan di rumah. Buat ngepel lantai, disemprot di ruangan juga lebih bagus,” jelasnya.

Direncanakan pihak pengurus Masjid Muhammad Cheng Hoo dan PWNU akan membagikan hand sanitizer ke seribu masjid, sekolah dan pondok pesantren di Surabaya.

Reporter : Sholeh

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *