Antisipasi Wabah PMK di Bondowoso, Kapolres dan Dispertan Tinjau RPH

Kapolres Bondowoso bersama Dispertan saat melakukan peninjauan hewan ternak di Desa Karanganyar, Tegalampel
Kapolres Bondowoso bersama Dispertan saat melakukan peninjauan hewan ternak di Desa Karanganyar, Tegalampel
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Dalam mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko bersama Dinas Pertanian dan peternakan melakukan peninjauan rumah potong hewan (RPH) di Desa Selolembu, Kecamatan Curahdami.

Selain meninjau RPH, Kapolres bersama dinas terkait juga melakukan peninjauan peternakan hewan sapi di Desa Karanganyar, Kecamatan Tegalampel, Rabu (11/5/2022).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Polisi Ungkap Pencurian Bayi di Panti Asuhan Jombang, Ini Modus dan Motif Pelaku

Peninjauan dilakukan untuk memberikan sosialisasi perihal merebaknya wabah PMK pada hewan ternak yang kini menjadi atensi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tak terkecuali di Bondowoso.

Kapolres Wimboko, menerangkan, kendati belum ditemukan adanya PMK di Bondowoso. Namun untuk menanggulangi itu, pihaknya bersama instansi terkait terus mensosialisasikan tentang PMK di RPH maupun peternakan hewan sapi.

Berita Menarik Lainnya:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pusat Belanja Tutup Sementara Setelah Tiga Karyawan Ditemukan Positif

Tak kalah penting, edukasi juga ke masyarakat bahwa wabah PMK pada hewan ternak ini tidak menular ke manusia.

“Agar masyarakat bisa paham, dan tidak panik,” ujarnya.

Ia menerangkan, hasil tinjauan sendiri menunjukkan bahwa RPH Curahdami merupakan bangunan baru yang memiliki spek lengkap.

Namun demikian, perlu didukung dengan tenaga kerja yang memadai. Karena, ternyata ada beberapa RPH di Bondowoso yang banyak kekurangan tenaga kerja.

Berita Menarik Lainnya:  Kemendag RI Bersama Polri Akan Tindak Tegas Mafia Migor

“Sehingga ini tidak maksimal dalam pelayanan. Dan membuat para jagal yang membawa tenaga kerja sendiri. Ini jadi catatan juga nanti,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menekankan agar lebih selektif dalam menjual maupun membeli hewan ternak dengan pendampingan dari dokter hewan.

“Ini penting agar ke wabah PMK bisa dibendung untuk masuk ke Bondowoso,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280