1000 Dosis Vaksin Sinovac Diberikan Kepada Ibu Hamil di Kota Surabaya

Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Vaksinasi khusus ibu hamil serentak dilakukan di indonesia mulai hari ini. Setelah didapatkan fakta, jika pemberian vaksinasi pada ibu hamil tidak memberikan dampak negatif.

1000 dosis vaksin Sinovac diberikan untuk ibu hamil di kota Surabaya dengan kondisi kehamilan sehat tanpa penyulit. vaksinasi khusus ibu hamil ini diselenggarakan di Airlangga Convention Center kampus C Unair.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Vaksinasi khusus ibu hamil tersebut dilakukan lantaran tingginya angkat kematian ibu hamil akibat Covid-19.

Berita Menarik Lainnya:  Yayasan HM Cheng Hoo Indonesia bersama PITI Jatim Serahkan APD Melalui PWNU Jatim

Ketua Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Surabaya, dr Brahmana Askandar menyebut vaksinasi untuk ibu hamil sangat diperlukan lantaran angka kematian ibu hamil akibat Covid-19 terus melonjak, apalagi pada gelombang kedua tercatat ada 300 ibu hamil meninggal dunia di Surabaya akibat terpapar Covid-19.

“Selama rentang waktu Januari sampai Juni tahun ini. Begitu juga pada bulan Juli sampai Agustus ini sebanyak 300 ibu hamil meninggal dunia akibat Covid-19. Artinya, pada gelombang kedua virus Corona banyak menginfeksi ibu hamil. Sehingga perlindungan imunitas berupa vaksinasi sangat diperlukan,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolsek Weleri Dengan Forkompincam Pantau Vaksinasi di Desa Sidomukti dan Sambongsari

Brahmana yang juga sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya ini menjelaskan tentang usia kehamilan yang aman divaksin. Yaitu setelah melewati 3 bulan pertama atau setelah melewati trimester pertama.

“Karena pada 3 bulan pertama adalah masa pembentukan. Setelah masa pembentukan selesai, maka aman untuk usia 33 minggu. Kenapa sampai 33 minggu, karena diharapkan pada saat bersalin usia 37 minggu, dia sudah terproteksi,” jelasnya.

Dokter spesialis kandungan ini menegaskan, vaksin jenis Sinovac ini aman bagi ibu hamil. Karena berdasarkan edaran kementerian, ada 3 vaksin yang aman untuk ibu hamil yakni Sinovac, Moderna, dan Pfizer

“Sampai saat ini nggak ada yang berat (efek samping bumi), kalau ada efek KIPI mereka menghubungi puskesmas terdekat. Kebanyakan cuman nyeri di tangan, hanya beberapa saat saja,” pungkas Brahmana.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar Pers Realease Secara Daring,  SATGAS Covid-19 Bondowoso : Ini Untuk Hindari Kerumunan 

Sementara Tita, salah satu peserta vaksin ibu hamil mengaku senang karena sudah ada vaksin untuk ibu hamil. Karena menurutnya, vaksinasi untuk ibu hamil sangat ditunggu-tunggu, sebab kondisi ibu hamil rentan terpapar karena imunitas cenderung lemah.

“Kami sangat senang dengan kabar ada vaskin untuk ibu hami. Karena ini sangat diperlukan untuk kondisi saat ini. Apalagi kasus kematian akibat Covid pada gelombang kedua ini banyak ibu hamil yang meninggal. Ini sangat kami tunggu-tunggu,” ungkapnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280