Kelompok Tani Hutan Berkah Jaya Berikan 1000 Bibit Gratis Pada Warga

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Kelompok Tani Hutan (KTH) Berkah Jaya, Desa sumber Jeruk Kecamatan Jambesari memberikan bantuan berupa 1000 bibit gratis pada warga setempat, Selasa (25/8/2020).

Bibit tersebut diperoleh dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur cabang Dinas Kehutanan wilayah Jember melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Brantas – Sampean.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  HUT ke-75 Bhayangkara, Wagub Emil Apresiasi Sinergi Polri - TNI Tangani Pandemi Covid-19 di Jatim
banner 1920x1080

Sugiati S.P, penyuluh kehutanan Kecamatan Jambesari, mengatakan, pembagian bibit gratis ini agar warga dapat meningkatkan pemanfatan lahan pekarangan yang berada di sekitar tempat tinggalnya.

“Saya berharap bibit ini betul-betul ditanam oleh masyarakat dan tidak membiarkan lahannya kosong, sehingga nanti akan menjadi sumber peningkatan perekonomian,” jelasnya.

Jenis bantuan bibit yang diberikan berupa Durian 150 pohon, Klengkeng 75 pohon, Mangga 150 pohon, Petai 250 pohon,  Jambu Kristal 250 pohon dan Blimbing 125 pohon.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber jeruk, Waid menyampaikan, Kelompok Tani Hutan tersebut baru dibentuk dua bulan yang lalu, namun sudah mendapatkan bantuan bibit dua kali.

Berita Menarik Lainnya:  Kiai Kampung : Sebenarnya Siapa yang Gaduh?

“Pertama, kita dapat bibit sengon. Dan yang ke dua bibit tanaman produktif seperti buah-buahan,” tuturnya saat dikonfirmasi oleh media.

Dengan adanya bantuan bibit tersebut, kata Waid, setidaknya masyarakat bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan bibit yang telah diberikan.

“Apalagi hasil panen juga akan dinikmati masyakat itu sendiri,” katanya.

Ia menambahkan, pemberian bibit ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih hasil kehutanan juga mempunyai prospek ekonomi yang cukup tinggi.

“Kita harus yakin bahwa petani juga bisa sejahtera. Apalagi dari bibit ini ada juga bibit buah yang notabene mempunyai harga jual tinggi,” terangnya.

Berita Menarik Lainnya:  Wow...! Jawa Timur Keren, Jadi Provinsi Paling Bahagia se Jawa

Ditempat yang sama, Moh. Andi, Ketua KTH Berkah Jaya, menyampaikan, bantuan bibit gratis sudah tersalurkan sesuai jumlah yang di peroleh dari  Cabang Dinas wilayah jember melalui BPDAS Brantas – Sampean ,dan telah dibagikan ke masyarakat langsung.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Kehutanan yang telah memberikan bantuan bibit ini, masyarakat betul betul terbantu ketika menerima bibit. Syukur kelak Desa Sumber Jeruk ini bisa menjadi Desa Wisata Petik Buah,” ucapnya singkat.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait