Ini Cara Bupati Lebong Pasarkan Tudung Kuang

Bupati Lebong, Kopli Ansori saat mempromosikan Tudung Kuang Produk Tradisional Masyarakat Lebong untuk mempertahankan Budaya Lebong | Foto: Nopen
Bupati Lebong, Kopli Ansori saat mempromosikan Tudung Kuang Produk Tradisional Masyarakat Lebong untuk mempertahankan Budaya Lebong | Foto: Nopen
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – LEBONG – Handicraft atau kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, unik dan menarik.

Salah satunya adalah Tudung Kuang. Tudung Kuang adalah kerajinan tangan yang memanfaatkan pelepah rumbia.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Polres Kota Pasuruan Berbagi Daging Kurban ke Masyarakat
banner 1920x1080

Pelepah rumbia ini diberi ornamen, dibentuk menjadi topi tradisional. Supaya bernilai ekonomi tinggi maka diberi ornamen dan pernik lain semisal anyaman dan rajutan.

Di acara pelantikan TP PKK Lebong, Bupati Kopli Ansori, langsung melelang Tudung Kuang.

Sebuah Tudung Kuang jika yang memasarkan Bupati maka bisa laku seharga Rp.500 ribu hingga Rp.600 ribu. Dan itu terbukti saat acara pelantikan Tim Penggerak PKK Kecamatan, sebuah Tudung Kuang dilelang dengan harga Rp.600 ribu.

Berita Menarik Lainnya:  Wow, Bangka Manfaatkan Lahan Eks Tambang Timah, Ini Sistemnya

Sebelumnya, Bupati Lebong Kopli Ansori, mengatakan Tudung Kuang, topi tradisional merupakan produk asli masyarakat Lebong.

Bahkan menjadi ciri atau identitas kebudayaan Lebong. Sehingga kerajinan ini wajib dilestarikan dan dibantu pemasarannya. Hal itu sebagai bentuk penghargaan terhadap kebudayaan lokal.

Ke depan kerajinan Tudung Kuang akan menjadi nilai ekonomi tersendiri. Secara otomatis dapat meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat pengrajin di Lebong.

Dalam lelang yang dipimpin Bupati Kabupaten Lebong, Kopli Ansori, Tudung Kuang terjual laris.

Berita Menarik Lainnya:  Cium Aroma Mafia Pupuk, DPRD Jatim Minta Jalur Distribusi Pupuk Subsidi Diawasi

Karuan saja, Bupati saat melelang, para pejabatnya di jajaran Pemerintah Kabupaten Lebong yang hadir di acara pelantikan Tim Penggerak PKK Kecamatan langsung mengambil posisi. Tudung Kuang pun laku terjual dengan harga Rp.500 ribu.

Di antara pemenang lelangnya adalah Plt Kepala Dinas UMKM Kabupaten Lebong, kemudian juga Dinas Pemuda dan Olahraga, Camat Pelabai dan sejumlah pejabat lain. Para pengrajin pun senang hasil buah tangannya laris manis.

banner 600x310

Pos terkait