Geser Jadi Mantul Dinkes Tulungagung Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Suasana Sosialisai, Geser Jadi Mantul di aula Sekolah SMA Negeri 1 Tulungagung, di ikuti semua siswa dan Siswi

BERITABANGSA.COM-TULUNGAGUNG – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kesehatan menggelar infrastruktur “Geser Jadi Mantul”, program ini memberikan pemahaman tentang antisipasi penyakit sejak dini.

Dengan mengetahui cara mendeteksi potensi penyakit sejak dini pada tubuh setiap orang maka akan dapat menghindari kemungkinan resiko kesehatan yang membahayakan tubuh. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan mengajak masyarakat supaya melakukan program Geser Jadi Mantul di rumah masing-masing.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Menurut keterangan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Didik Eka mengatakan, program “Geser Jadi Mantul” merupakan deteksi sejak dini terhadap kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada anak usia menginjak remaja,” katanya kepada jurnalis Beritabangsa.com, Selasa (04/10/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Wow, Perumda Delta Tirta Akan Disuntik 540 M, Paripurna DPRD Segera Digelar

Program Geser Mantul adalah Gerakan Serentak Jaring Dini Diabetes Masyarakat Tulungagung.

“Tujuannya iyalah mengetahui secara mandiri terhadap segala penyakit dalam tubuh sejak dini,” paparnya

Lanjut Didik Eka, contoh penyakit yang dapat dideteksi lebih awal itu sifatnya tidak menular, misalnya diabetes bisa ke katarak, impotensi, gagal ginjal, stroke dan jantung, maka sangatlah penting risiko kesehatan penyakit jenis ini perlu dicek.

“Penyakit tersebut yang sering disebut Mother of Disease yakni, induknya dari segala penyakit yang tidak menular, apabila setelah dilakukan pengecekan dan diketahui lebih awal maka upaya konsultasi kesehatan akan menjadi lebih mudah,” tambah Didik.

Berita Menarik Lainnya:  Peduli Lawan Covid-19, PSI Surabaya Bagikan Paket Sembako di Tanah Merah Surabaya

Selanjutnya Didik memaparkan, program “Geser Mantul” berfokus pada sasaran usia 15 sampai 59 Tahun yang dilaksanakan secara serentak di 32 Puskesmas se-Kabupaten Tulungagung, dan untuk wilayah kota dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tulungagung.

“selain melaksanakan program Geser Jadi Mantul, disarankan juga mengikuti Program CERDIK dengan motto Wong Tulungagung Cerdik Wani yaitu untuk (Cek Kesehatan Secara Rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup, Kelola Stres,” paparnya

Sementara itu salah satu guru SMA Negeri 1 Tulungagung mengatakan sangat menerima dengan baik program CERDIK “Geser Jadi Mantul” ini karena sangat bagus untuk mendeteksi penyakit mulai dari dini.

Berita Menarik Lainnya:  ODGJ di Jombang Ini Dipasung di Rumah Kosong

“Syukur Alhamdulillah, kegiatan program di sekolah berjalan lancar, tidak ada kendala dan semoga kita semua termasuk anak-anak sehat terus. Dalam kondisi seperti sekarang, kita sebagai guru dan orang tua harus selalu berdoa supaya anak-anak tetap sehat,” tuturnya

Begitu juga salah satu peserta cek gula darah Siswi SMA Negeri 1 Tulungagung Elsa Maharani kelas 12 MIPA 2. Yang sudah selesai dalam cek gula darah.

“Kegiatan ini, sangat membantu dengan diadakannya cek gula darah di sekolah, sebab bisa mengetahui kesehatan saya sejak dini alhamdulilah setelah dicek gula saya normal”, tutup Elsa.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *