Disperta Bondowoso Tingkatkan Kapasitas Ternak Non Ruminansia

Bondowoso, Beritabangsa.com – Demi meningkatkan produktifitas dan kapasitas ternak non ruminansia, Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso memberi arahan pada beberapa kelompok peternak di aula rapat Dinas Pertanian, kamis (23/7/2020).

Sigit Zulkarnain selaku kasi non ruminansia mengatakan, dalam meningkatkan kapasitas non ruminansia, pihaknya memberi bekal para kelompok ternak dengan arahan untuk mempersiapkan para kelompok ternak di kegiatan tahun 2020. Para peternak kecil non ruminansia seperti bebek, ayam dan kelinci yang menjadi menjadi perhatian.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Dapat Penghargaan, Dinkes P2KB Ciptakan Kondisi Sehat dan Selamat
banner 1920x1080

“Karena baru beberapa tahun ini ternak non ruminansia mulai disentuh, karena sebelumnya lebih condong pada ternak besar seperti sapi,kambing dan domba,” ungkapnya saat di temui oleh sejumlah awak media.

Ia pun menegaskan, dalam menyiapkan kelompok penerima bantuan, bukan hanya sekedar menerima kemudian tidak ada peningkatan. Misal faktor yang disebabkan oleh ketidaksiapan kelompok ternak, maka untuk ayam buras dan bebek, akan dilengkapi dengan alat penetas, pakan dan obat-obatannya.

Berita Menarik Lainnya:  Hari Pangan Sedunia, Pemkab Kendal Berikan Apresiasi Kepada Petani dan Peternak

“Manfaatnya harus semaksimal mungkin. Dari yang beternak secara tradisional beralih ke konvensional, ini yang kita tingkatkan dan mempunyai insting bisnis. Bukan hanya memelihara ala kadarnya,” jelasnya.

Jumlah penerima bantuan kata Sigit, ada delapan kelompok penerima,awal mulanya sembilan kelompok.

“Awal mulanya ada sembilan, dikarenakan pandemi ini menjadi delapan kelompok penerima,” tuturnya.

Berita Menarik Lainnya:  Paslon Wakil Cawali Surabaya Nomer 1 Eric-Armuji Jumpai Pedagang Hi-Tec Mall THR

Sigit menjelaskan, untuk jumlah anggota dalam satu kelompok ternak ini berbeda dengan kelompok tani. Jika dikelompok tani itu beranggotakan 30 orang, di kelompok tani ada 20 hingga 25 anggota.

“Kalau di kelompok ternak itu beda, lebih fleksibel. Condong pada pemanfataan lahan sekitar,” pungkasnya.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *