Disperta Bondowoso Jamin Hewan Qurban Sehat

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso memastikan kondisi hewan untuk kebutuhan qurban tahun ini dalam keadaan sehat menjelang hari raya idul adha.

Dr. Cendy Herdiawan, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (P2HP), Dinas Pertanian Bondowoso, pihaknya memastikan kondisi hewan kurban dan melakukan pemeriksaan secara intensif kesehatan hewan, sebelum dan sesudah penyembelihan dan meningkatkan kegiatan pemantauan terhadap persebaran hewan qurban.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sebagai Edukasi Anak Didik, Yayasan Khadijah Surabaya Gelar Penyembelihan Hewan Kurban Serentak
banner 1920x1080

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak membeli hewan ternak dari daerah beresiko,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Kamis (23/7/2020).

Pemeriksaan sudah menjadi kegiatan rutin setiap menjelang hari raya qurban. Apalagi berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sapi dan kambing potong dari Bondowoso banyak dikirim ke daerah lain untuk kebutuhan kurban Idul Adha.

Berita Menarik Lainnya:  Lazisnu Kota Surabaya Bersama BPKH Distribusikan Hewan Kurban Kepada Ponpes dan Banom NU

“Pemeriksaan hewan kurban sebagian sudah kita mulai, tapi karena ada beberapa pedagang masih belum ful, jadi minggu depan baru bergerak keliling di semua lapak,” ujarnya.

Selain itu, Cendy memastikan ketersediaan ternak di Bondowoso cukup, bahkan surplus. Disebutkan, jumlah populasi ternak sapi lokal di kota Tape ini sekitar 230 ribu ekor.

“Jadi Bondowoso selalu surplus. Kalau domba, kita itu selalu keluar ,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  Pukulan Bedug Bupati Bondowoso Gemakan Takbir Idul Adha

Beberapa kelompok ternak Bondowoso banyak yang mengurus surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) ke Disperta, untuk mengirim ternak ke luar provinsi, secara berkala dan setiap hari ada pasar hewan.

“Kami kalau dapat ternak baru, tidak pernah dapat informasi bahwa ternak itu dari luar. Kecuali ternak untuk bibit,” terangnya.

Tidak hanya itu, potensi ternak di Bondowoso sangat besar dan diminati oleh masyarakat. Bahkan, Bondowoso sudah lama swasembada daging.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait