Dispendukcapil Malang Dorong Desa dan Kecamatan Bersinergi Data Informasi

Dispendukcapil Malang Dorong Desa dan Kecamatan Bersinergi Data Informasi
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang, Dyah Kusuma Hastuti
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – MALANG – Untuk mengoptimalkan pelayanan pemanfaatan dokumen kependudukan secara menyeluruh di Kabupaten Malang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan mendorong pemerintahan desa dan kecamatan untuk selalu bersinergi masyarakat lebih mudah memperoleh pelayanan data di tingkat desa dan kecamatan.

Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Dyah Kusuma Hastuti mengatakan, dengan adanya kerjasama antara desa, kecamatan dan Dispendukcapil, masyarakat nantinya dapat mengakses dengan cepat pemanfaatan data kependudukan di daerah masing-masing.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Masih Kerabat Besar Ponpes Langitan, Suhandoyo-Astiti Didoakan Jadi Pemimpin Yang Amanah

“Sebab data yang kependudukan yang diakses masyarakat sudah tersambung dan terhubung dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) di Dispendukcapil Kabupaten Malang,” kata Dyah saat ditemui awak media, Selasa (5/4/2022).

Dispendukcapil dalam mengoptimalkan pelayanan data kependudukan sudah memberikan sosialisasi pada Pemerintahan Kecamatan agar bisa mendorong desa yang ada di wilayahnya untuk segera mengajukan permohonan akses informasi data kependudukan supaya segera mendapatkan hak akses tersebut.

“Beberapa waktu lali, kami sudah mengumpulkan teman-teman dari Kecamatan untuk mendorong desa yang ada di wilayahnya segera mengajukan permohonan yang nantinya mempunyai hak akses data informasi kependudukan di daerahnya dalam memberikan pelayanan adminduk pada masyarakat, tanpa harus ke kantor Dispendukcapil,” jelas Dyah.

Ads

Saat disinggung pelayanan di Dispendukcapil yang masih ramai, sementara di lain pihak Dispendukcapil sudah banyak mengeluarkan inovasi pelayanan berbasis online.

Berita Menarik Lainnya:  Dinkes Bondowoso Minta Tambahan Anggaran Covid Senilai 6,5 M

“Oh ya memang saat ini Kantor kami banyak warga masyarakat ramai mengajukan permohonan pembuatan akte kelahiran, KTP dan KK dan dokumen lainnya karena saat ini ada pembukaan penerimaan calon anggota Polisi baru, jadi mereka ingin mendapatkan dengan segera dokumen kependudukan yang di perlukan di Kantor kami, kami juga sudah kerjasama dengan Polisi Resort Malang dalam validasi dokumen kependudukan,” beber wanita yang berparas cantik ini.

Ads

Pihaknya berharap dalam menyongsong 2024 yang mana semua warga masyarakat Kabupaten Malang sudah memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, untuk itu Dipendukcapil pada 2022 ini akan lebih menyasar pada pelayanan kependudukan masyarakat kaum Difabel, warga Lansia dan penduduk rentan.

Berita Menarik Lainnya:  Tahun Depan Pilwali, Relawan Risma Selamanya Sebut Eri Cahyadi Anak Emas Risma

“Jadi pada tahun ini, kami akan lebih mengoptimalkan pelayanan kependudukan pada masyarakat kamum Difabel, Lansia dan penduduk rentan yang berada di pinggiran, untuk menyongsong tahun 2024 masyarakat kita (Kabupaten Malang) sudah memiliki dokumen kependudukan mulai dari KTP, KK, Akte Kelahiran dan Kartu Induk Anak (KIA),” pungkas Dyah.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800