Bupati Sanusi Harap CSR Ikut Bantu Pembangunan Malang

Bupati Malang H. M Sanusi
Bupati Malang H. M Sanusi.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MALANG- Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang digulirkan oleh perusahaan BUMD maupun swasta mestinya membantu pembangunan ekonomi daerah salah satunya UMKM sekitar.

Bupati Malang HM Sanusi, berusaha mendorong terciptanya kemandirian ekonomi masyarakat melalui program CSR.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Sanusi mengatakan, keberadaan CSR selain membantu kepedulian sosial di lingkungan sekitar perusahaan juga kepada pembangunan sehingga ada kebersamaan.

“Dengan program CSR perusahaan BUMD maupun swasta sebagai bagian dari upaya menuju kebersamaan terutama di lingkungan sekitar perusahaan,” kata Bupati Malang H.M Sanusi, Jumat (11/2/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Lancar Dapat Cuan dari Blog dengan Simple WordPress Niagahoster

Bupati Malang minta perusahaan fokus pada membantu mengembangkan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) yang berada di lingkungan sekitar.

“Dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, kami minta para pengusaha besar memberikan edukasi yang mengarah pada kemandirian ekonomi rakyat. Saat ini untuk perbankan fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat dulu, untuk CSR infrastruktur masih belum banyak,” jelas Bupati Malang.

Saat ini bantuan program CSR sudah banyak dirasakan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Malang, terutama memberikan bantuan bidang pendidikan, pariwisata, UKM dan kesehatan.

“Salah satu contoh program CRS Bank Jatim yang membantu memberikan edukasi dan sosialisasi kemandirian pada relokasi pasar Bululawang,” tandas Bupati Malang.

Berita Menarik Lainnya:  Menkopolhukam Dialog Bersama Forkopimda Jatim, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Bangkalan

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang, Tomie Herawanto mengatakan, keberadaan CSR bagi perusahaan merupakan tanggung jawab sosial yang diambilkan sebagian keuntungan perusahaan untuk lingkungan dan jangkauan lebih luas lagi.

“Jadi perusahaan mempunyai tanggung jawab sosial yang harus dikeluarkan dari hasil perusahaannya untuk diberikan pada lingkungan sekitar baik BUMD maupun perusahaan swasta yang berbentuk pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Karena CSR merupakan pendapatan fiskal Kabupaten Malang selain PAD, maka perlu sekali Kabupaten Malang mengakomodir CSR perusahaan agar tidak berjalan sendiri.

“Di Pemkab Malang ada Kelompok Kerja (Pokja) CSR maka nanti bisa disinergikan dengan perusahaan tadi dengan program-program yang di Kabupaten Malang supaya perusahaan tersebut tidak sporadis,” beber Tomie.

Berita Menarik Lainnya:  DPO Pencabulan Santri di Jombang Diminta Jalani Sidang, Gus Hans: Kasihan Kiai Mukhtar

Program pembangunan yang ada di Kabupaten Malang tidak bisa tuntas dengan anggaran murni APBD, jadi keberadaan CSR bisa membantu di semua sektor yang diinginkan, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan pertanian serta program yang lain.

“Caranya bagaimana, nanti para perusahaan kan ada forum perusahaan, di sana dijelaskan program-program apa saja yang bisa lakukan perusahaan, jadi CSR tidak harus masuk di APBD cukup forum melaporkan pada Pemkab Malang program mana yang diminati perusahaan,” pungkas Tomie Herawanto.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280