Bupati Salwa: Terima Kasih POLTEK Jember

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Bupati Bondowoso Salwa Arifin sangat berterima kasih pada kampus Politeknik Negeri Jember yang telah memberikan bantuan pada Pemerintah Kabupaten Bondowoso berupa robot, senin (15/6/2020).

Bupati Salwa mengatakan, robot tersebut bisa mempermudah pekerjaan para petugas dan sangat membantu mereka dalam menjalankan protokoler kesehatan disaat pandemi covid-19 ini berlangsung.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sekda Saifullah: Alokasi Pupuk Subsidi Sesuai e-RDKK
banner 1920x1080

Terima kasih, ini sangat membantu kami di Pemerintahan,” ujar putra daerah bumi ki ronggo tersebut.

Kemudian Bupati melanjutkan, robot tersebut di beri nama GCR (Goodby Covid Robot). Robot tersebut bisa melakukan penyemprotan disenfektan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh petugas, dan selama ini ada kekhawatiran.

Sebab masih ada kekhawatiran, dengan adanya robot ini, sangat terbantu. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” ungkap bupati saat menerima penyerahan GCR di pendapa.

Berita Menarik Lainnya:  Sejumlah Lembaga Pemantau Pilkada Mojokerto Resmi Terakreditasi oleh KPU

Sementara itu, Direktur Poltek Jember, Saiful Anwar menjelaskan, Selain Goodbye Covid Robot ini, Pihaknya juga sudah menyiapkan riset untuk pembuatan robot pengantar obat di rumah sakit. Sehingga tenaga kesehatan tidak harus berinteraksi dengan pasien.

Dengan adanya robot ini, meminimalisir para tenaga medis untuk terpapar,” jelasnya.

Saiful Anwar juga menerangkan, bahwa yang akan dibantu bukan hanya Bondowoso. Tapi di beberapa Kabupaten juga diupayakan.

Seperti yang kita ketahui bersama. Pandemi ini, belum reda secara keseluruhan,” tuturnya.

Menurutnya, sesuai tri dharma perguruan tinggi, poltek jember punya kewajiban membangun inovasi dan menyiapkan produk yang dapat bermanfaat dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Berita Menarik Lainnya:  Terima Bantuan dari Disparbud Jatim, Perhatian pada Pelaku Seni dan Budaya

Salah satunya adalah, robot disinfektan generasi kedua,” imbuhnya.

Data dihimpun, robot buatan mahasiswa Poltek ini untuk membantu mendisinfeksi ruangan atau tenaga medis. Robot ini menggunakan remot kontrol PlayStation 2. Dengan jarak semprot 1-2 meter.

Robot versi II ini, bisa dikontrol dari jarak 20 meter, sehingga petugas yang melakukan penyemprotan tak harus masuk ruangan. Alat ini berkapasitas 5,5 liter cairan disinfektan.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait