Bupati Malang Minta Desa Digital, Dispendukcapil Langsung Inovasi e-adminduk

Dispendukcapil
Kadispendukcapil Kabupaten Malang Hary Setia Budi

BERITABANGSA.COM-MALANG – Bupati Malang, H. M Sanusi meminta semua dinas mendukung realisasi desa digital diterapkan di seluruh Kabupaten Malang.

Merespon itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan inovasi layanan administrasi kependudukan di desa terpencil.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten, Hary Setia Budi, mengatakan layanan Adminduk di desa dan kecamatan bisa direalisasikan.

“Mulai hari ini kita sudah lakukan e_adminduk, jadi semua pelayanan bisa dilakukan di setiap kecamatan di Kabupaten Malang,” kata Hary Setia Budi di pendapa Agung, Rabu (22/6/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Pasca Serangan Reboisasi, FRB Mendesak Pemerintah Tegas Soal alih Fungsi Lahan

Dispendukcapil Malang, dalam pelayanan Adminduk sistem offline terintegrasi, lalu menyederhanakan nomor layanan aplikasi sosial media lalu berkembang ke layanan e-adminduk di kecamatan.

“Saat ini kita telah melayani sistem offline yang terintegrasi di kantor pusat, selain itu sudah ada nomor WA menuju tiga jalur, dan terbaru terbaru yakni e-adminduk di kecamatan dimulai Rabu, 22 Juni. Jadi warga yang membutuhkan layanan Adminduk cukup datang ke kecamatan dekat rumahnya,” jelas Hari.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini menambahkan, pihaknya masih menyiapkan aplikasi dan instrumen lain terkait layanan di desa, bertahap menuju layanan Diskominfoq.

Berita Menarik Lainnya:  RW 08 RMB Surabaya Wujudkan Slogan "Kampung Tangguh Bergotong Royong"

“Untuk layanan Adminduk di desa, kami siapkan aplikasi dan instrumen lain secara bertahap. Tidak kalah pentingnya sumberdaya manusia harus disiapkan, soal jaringan jadi wewenang Diskominfo. Untuk layanan di desa, nantinya tiap desa diberi satu petugas untuk pelayanan Adminduk,” imbuh Hary.

Dispendukcapil berharap tidak lama lagi seluruh layanan Adminduk bisa terlayani di desa.

“Harapan kami, tidak lama lagi seluruh layanan bisa dilakukan di desa karena itu program kami diluncurkan desa ku tuntas,” tandas Hary.

Sebelumnya, Bupati Malang usai melantik pejabat tinggi pratama dan administrator, meminta Diskominfo agar semua desa di Malang sudah ada akses digital.

Berita Menarik Lainnya:  Satgas TMMD Kodim 0819 Pasuruan Kompak Gotong-royong Optimalkan Capaian Tugas

“Jadi satu data dengan digital untuk semua layanan, jadi desa sudah bisa pakai IT. Baru Kabupaten Banyuwangi sudah lakukan, nanti saya perintahkan Pak Sekda dan Kadis untuk melaksanakan study banding ke Banyuwangi,” beber Abah Sanusi.

Selain untuk keperluan desa digital, juga bermanfaat untuk e-katalog lokal untuk UMKM dalam partisipasi menyediakan produk nasional.

“Untuk teknis pelaksanaannya biar Diskominfo yang menjelaskan detailnya, dan pelaksanaan e-katalog yang khusus produk lokal saja makanya namanya e-katalog lokal UMKM. Untuk itu sesuai arahan Presiden supaya produk lokal ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional,” pungkas Bupati Malang.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *