Bupati dan Forkopimda Malang Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Bupati Malang
Bupati Malang, H.M Sanusi (peci hitam) bersama Forkopimda Malang saat Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual

BERITABANGSA.COM-MALANG – Bupati Malang, H.M Sanusi bersama jajaran Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni secara virtual dari Pendopo Agung Pringitan.

Upacara dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo yang dipusatkan di Kota Ende Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Memulai sambutannya, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, di kota yang sangat bersejarah ini, Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno) sekaligus sang Plokamator Kemerdekaan dan Pendiri Bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila dan kemudian disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi Bangsa dan Negara. Peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun ini mengambil tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Berita Menarik Lainnya:  Rakor TAPD, KPU Bondowoso Ajukan 80,5 Miliar untuk Pemilu 2024

“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada, untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan hanya mempersatukan semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun, ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah Bangsa. Bangsa dan Negara bisa tetap berdiri kokoh menjadi Negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” kata Joko Widodo dalam amanatnya.

Berita Menarik Lainnya:  Ritual di Laut Selatan, 11 Orang Tewas

Presiden RI mengingatkan pengamalan Pancasila dan perjuangan Pancasila, dengan cara mewujudkan dalam sistem Kemasyarakatan, Kebangsaan dan Kenegaraan.

Selain itu, Joko Widodo juga berpesan agar semuanya mampu mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak Bangsa.

Tugas seluruh komponen Bangsa saat ini adalah menjadikan Pancasila sebagai Ideologi yang bekerja dan dapat dirasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Joko Widodo melanjutkan, dalam menghadapi situasi dunia yang bergejolak pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, lalu diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrim, kelaparan dan perang di Ukraina. Sebagai pemegang mandat G20, Presiden Ke 7 RI, saya mengajak seluruh negara maju di dunia, untuk gotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan, dengan tata kelola global yang lebih sehat, lebih damai, lebih berperikemanusiaan dan lebih berperikeadilan.

Berita Menarik Lainnya:  Blokir 218 Domain Situs Web, Bappebti Ingatkan Risiko Investasi di Entitas Ilegal

“Saya mengajak seluruh pemimpin Bangsa terutama para pejabat pemerintahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pendidik, Para Pemimpin Partai Politik, Para Pemimpin dan Tokoh-Tokoh Ormas dan Para Pemimpin-Pemimpin Lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dan mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan. Semoga Allah SWT, tuhan yang maha kuasa, selalu meridhoi perjuangan kita bersama,” pungkas Presiden Joko Widodo

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *