Puasa Lahirkan Pribadi Taqwa yang Memesona

H Suharyo AP, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Lumajang
H Suharyo AP, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Lumajang
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM Siyam Ramadan telah hadir di tengah kita. Orang bijak menggunakan kesempatan indah ini sebaik-baiknya.Tujuannya agar menjadi pribadi taqwa. (QS Al-Baqarah ayat 183)

Nabi pernah ditanya apa yang disebut taqwa? Beliau menjawab Taqwa itu takut kepada Allah dan takut berbuat maksiat.

Bacaan Lainnya

Untuk menuju derajat taqwa tidak mudah. Kata Umar bin Khattab taqwa ibarat naik bukit tinggi. Jalan setapak licin, penuh duri dan kiri kananya jurang dalam. Hanya orang hati hati yang bisa sampai puncak.

Berita Menarik Lainnya:  Pelihara Oligarki: Pejabat Kaya, Rakyat Kere

Ada tiga cara menuju taqwa, begitu kata Imam Muthohhari. Pertama melalui cara dzikrullah.

Dengan zikir hati kita menjadi tenang. Orang yang hatinya tenang bisa berbuat baik penuh kesungguhan dan ikhlas. Orang yang demikian terjaga dari maksiat.

Kedua Taqwa bisa diraih dengan salat. Sebagaimana Allah tegaskan salat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar.

Syaratnya dilakukan dengan hati khusyuk. Tanda khusyuk ingat Allah dari takbir sampai salam. Memahami apa yang dibaca dan mewujudkan pesan-pesan salat ke dalam hidup sehari-hari.

Selain dzikrullah dan salat, taqwa bisa diraih dengan puasa Ramadan. Puasa yang kita lakukan ini melahirkan pribadi yang bertaqwa. Yaitu pribadi yang terjaga pikiran, ucapan, dan tindakannya dari hal munkar.

Ads

Pribadi anggun itu hasil dari puasa Ramadan. Selama satu bulan menahan diri (bertapa) dari hal yang dilarang Allah sebagaimana kupu-kupu yang asalnya dari ulat yang dibenci orang. Setelah sekian lama berpuasa dalam kepompong lalu menjadi kupu-kupu.

Berita Menarik Lainnya:  Mengapresiasi Pahlawan era Pandemi Covid-19

Kupu-kupu yang memesona. Dia disenangi banyak orang. Begitulah pribadi yang berpuasa akan menjadi taqwa, memesona seperti kupu-kupu yang disenangi banyak orang.

*) H Suharyo AP, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Lumajang

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis dan tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi beritabangsa.com

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800