Muscab IKA PMII Bondowoso, Ada Empat Pendaftar

Graha PMII Bondowoso | Foto: Muslim
Graha PMII Bondowoso | Foto: Muslim
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Bondowoso – Musyawarah Cabang (Muscab) Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Bondowoso, kembali dilanjutkan, setelah sebelumnya sempat dikarteker oleh pengurus wilayah (PW) IKA- PMII Jawa Timur.

Panitia Muscab kembali dibentuk dan menggelar proses pencalonan dari awal. Termasuk proses pendaftaran calon ketua.

Bacaan Lainnya

Hingga pendaftaran mencapai hari terakhir, Jumat (10/12) malam, baru empat nama diketahui mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar PKL Angkatan Pertama, PC GP Ansor Surabaya Ingin Cetak Kader Pemimpin Milenial

Di antaranya, M Asnawi Sabil, Sukandar, Abdul Mufid, dan Ahmad Rifai.

Dua di antara calon tersebut mendaftar secara langsung ke Graha PMII Bondowoso. Sementara dua lainnya mendaftar melalui via WhatsApp.

Mukhlis Adi Rangkul, Ketua Panitia Muscab IKA-PMII Bondowoso, menjelaskan sebelumnya proses Muscab sempat ricuh sehingga dikarteker oleh PW IKA-PMII.

“Karteker itu untuk mengantarkan kepengurusan yang baru. Kemudian karteker sudah membentuk panitia untuk melaksanakan Muscab,” ungkapnya.

Mukhlis juga menuturkan, berdasarkan amanah Ketua Umum PW IKA-PMII Jawa Timur, sebenarnya tidak ada Muscab kembali. Artinya langsung melalui penunjukan langsung.

Berita Menarik Lainnya:  Izinkan Kompetisi Sepak Bola, Kapolri Ingatkan Komitmen Penegakan Prokes

“Jadi siapa yang diaklamasi, dia yang jadi,” bebernya.

Tapi karena beberapa pertimbangan, amanah tersebut tidak bisa dijalankan. Akhirnya, pihaknya menggelar Muscab ulang. Termasuk proses pendaftaran calon, pihaknya membuka pendaftaran dari 06 hingga 10 Desember 2021.

Pihaknya juga menegaskan sudah menyebarluaskan Informasi proses pendaftaran ulang melalui grup WhatsApp yang menampung alumni PMII di Bondowoso.

Cara tersebut dinilai lebih efektif dibandingkan menyebarkan melalui pamflet, kemudian ditempel di berbagai tempat.

Pendaftaran calon sendiri juga berbeda dengan sebelumnya. Kali ini tidak ada lagi uang mahar yang harus dibayar oleh para calon. Sebelumnya, para calon harus membayar Rp.5 juta.

Berita Menarik Lainnya:  Kapriyanto : Kader Ansor Selalu Siap Jadi Pahlawan Masa Kini

“Salah satu pemicunya rame itu (mahar, red). Ada yang tidak sepakat dengan mahar itu,” jelasnya.

Terkait proses pemilihan ketua umum nantinya, Ia memaparkan akan dibahas melalui rapat internal oleh alumni yang ada di Bondowoso. Melalui Muscab yang akan dilaksanakan pada 18 hingga 19 Desember mendatang.

“Tergantung bagaimana tatib. Tatibnya akan dibahas nanti,” katanya.

Lebih lanjut, ia berharap Muscab kali ini dapat berjalan dengan lancar. Serta tidak terjadi lagi kericuhan dan konflik seperti sebelumnya.

“Semuanya harus sadar diri IKA-PMII adalah rumah kita bersama,” pungkasnya.

banner 600x310
banner 1024x1280