IPW Desak Cabut Izin Penyelenggaraan Liga 1 PSSI

Tampak penonton yang menyelamatkan diri dari kericuhan
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JAKARTA- Tragedi nasional terjadi di lapangan sepak bola. Ada 127 nyawa melayang akibat kericuhan di stadion Kanjuruhan Malang usai tuan rumah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya di pekan ke-11 liga 1 2022/2023, Sabtu (1 Oktober 2022).

Pengumuman tewasnya ratusan orang disampaikan langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta. “Dalam kejadian tersebut telah meninggal 127 orang, dua di antaranya anggota Polri,” ungkapnya, Minggu, 2 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Ketua PP Bondowoso Minta Kadernya Aktif Sosialisasikan Wajib Bermasker
banner 1920x1080

Dari sini, Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut izin penyelenggaraan sementara seluruh kompetisi liga yang dilakukan PSSI sebagai bahan evaluasi harkamtibmas. Di samping, menganalisa sistem pengamanan yang dilaksanakan oleh aparat kepolisian dalam mengendalikan kericuhan di sepak bola.

Pasalnya, kericuhan dalam tragedi tragis itu berawal dari kekecewaan suporter tim tuan rumah yang turun ke lapangan tanpa dapat dikendalikan oleh pihak keamanan.

Berita Menarik Lainnya:  Butuh Uang untuk Makan, Pasutri di Jombang Nekat Jadi Pencuri Motor

Bahkan, aparat kepolisian yang tidak sebanding dengan jumlah penonton, secara membabi buta menembakkan gas air mata sehingga menimbulkan kepanikan terhadap penonton yang jumlahnya ribuan.

banner 600x310

Pos terkait