Gelar Silaturrahmi, Karang Taruna The Brilliant Terangkan Fungsi dan Manfaat Polindes

Sampang, Beritabangsa.com – Karang taruna “THE BRILLIANT” menggelar silaturrahmi di pondok bersalin desa (Polindes) Batuporo barat yang beralamat dusun Tanjung desa batuporo barat kecamatan Kedungdung kabupaten Sampang, acara tersebut dihadiri para kader dan masyarakat. Sabtu (14/12/19).

Andre Efendi selaku Ketua Karang Taruna mengatakan, Silaturahmi tersebut membahas permasalahan dan mencari solusi bersama terkait fungsi dan manfaat adanya polindes desa.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Peringati Harlah NU ke-98, PAC GP Ansor Mandangin Silaturahmi ke PAC GP Ansor Omben
banner 1920x1080

Polindes adalah salah satu bentuk partisipasi atau peran serta masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk KB yang mana tempat dan lokasinya berada di desa. Polindes hanya dapat dirintis di desa yang telah mempunyai bidan yang tinggal di desa tersebut. Sebagai bentuk peran serta masyarakat, polindes seperti halnya posyandu,” kata Andre.

Andre kembali menyampaikan, pihaknya siap membantu masyarakat setempat semaksimal mungkin. Pasalnya masyarakat kurang faham tentang fungsi dan manfaat Polindes.

Masyarakat perlu mengetahui tentang fungsi dan manfaat polindes serta pentingnya persalinan yang dibantu oleh petugas kesehatan sendiri,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Capaian Vaksin III Kota Probolinggo Sentuh Angka 7000

Kami nanti menginstruksikan kepada anggotanya untuk mendata balita dan ibu-ibu hamil yang belum terdeteksi tersebut. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kedepannya ada perubahan dan masyarakat bisa tertolong,” imbuh Andre.

Sementara Anis Nur Cahya selaku Bidan desa menyampaikan ucapan rasa syukur. Pasalnya selama ini Posyandu berjalan dengan baik meskipun tidak menyeluruh, cuma di beberapa dusun yang sudah berjalan seperti diantaranya dusun Batoporo, Bankomis, Gunung Eden dan Tanjung serta Mangar.

Berita Menarik Lainnya:  Puskesmas Panaguan Melakukan Vaksinasi Covid-19 di PP Al Hasan

Sedangkan 2 dusun lainnya seperti dusun Banbalang dan Seloros masih kurang maksimal dan masih dalam proses pemaksimalan. Kita nanti bekerja sama dengan pamong setempat dan karang taruna tersendiri,” tuturnya.

Sedangkan persalinan ini yang masih kurang sama sekali entah faktor apa yang menghambat persalinan supaya bisa dilakukan di Polindes. Hingga sampai sekarang masih belum bisa menemukan jalan keluar, mungkin ketika melibatkan karang taruna dan kader masyarakat ini perubahan kedepannya lebih membaik dan semua persalinan bisa dilakukan di Polindes,” pungkasnya. (UM)

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *