Gelar PKL ke-4, PMII Sidoarjo Siapkan Kader Pengawas Anggaran

Kader PMII Sidoarjo foto bersama setelah pelaksanaan PKL Ke- IV | Foto: PC PMII Sidoarjo
Kader PMII Sidoarjo foto bersama setelah pelaksanaan PKL Ke- IV | Foto: PC PMII Sidoarjo
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Sidoarjo – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Sidoarjo menggelar Pelatihan Kader Lanjut (PKL) Ke-IV di Balai Latihan Kerja, Tulangan, Sidoarjo pada Rabu – Senin (1-6/12/2021).

Pelatihan ini diawali dengan kegiatan Simposium di Pendopo Bupati dengan tema Reformasi Pengelolaan Keuangan Daerah dalam Rangka Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Daerah Kabupaten Sidoarjo yang menghadirkan Kepala Inspektorat Sidoarjo, Kepala BPKAD Sidoarjo, Kepala Bappeda Sidoarjo dan Anggota Banggar DPRD kabupaten Sidoarjo, Rabu (1/12/2021).

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Nampak tamu yang hadir selain anggota PMII terdapat pula Polresta Sidoarjo, Kodim Sidoarjo, Kejaksaan Negeri Sidoarjo, dan beberapa undangan lainnya.

Berita Menarik Lainnya:  Gerakan Digitalisasi Jadi Target PMII Surabaya Yang Baru Dilantik

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dalam sambutannya, mengajak PMII untuk bisa menjadi agen anti intoleransi sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Hingga selesainya simposium, para peserta pelatihan bersama panitia beriringan langsung menuju BLK Sidoarjo untuk segera melaksanakan kegiatan inti.

Di sesi ini ada belasan pemateri dari regional maupun nasional menyampaikan materi demi materi.

Kegiatan nampak seru dengan sesi dialog dengan para tokoh yang memang memiliki pengalaman dan kompetensi di bidangnya.

Ada mantan tenaga ahli DPR RI Senayan, DPRD, konsultan, direktur TV swasta, praktisi, akademisi hingga Ketua Umum PB PMII M. Abdullah Syukri lulusan Magister di Jerman.

Berita Menarik Lainnya:  Layangkan Somasi ke Polda Jatim, Aktivis Perempuan Surabaya: PMII Jatim Ini Ngawur

Adapun materi yang disiapkan cukup variatif dan kemudian dihubungkan dengan tema pelatihan, yakni Aktualisasi Gerakan PMII dalam Mengawal Pengelolaan Keuangan Daerah.

Ketua Umum PC PMII Sidoarjo, Wafier mengungkapkan, tema kali ini sengaja diambil sesuai realitas di Sidoarjo itu sendiri, dalam mengelola aset maupun keuangan daerah.

“Keinginan ke depan kita juga bisa kontrol kebijakan Pemda lebih cermat dan tepat. Untuk itu, langkah strategis yang kami siapkan dengan membangun fondasi dari sekarang. Kita ingin step by step tanpa dengan instan,” imbuhnya.

Kader PMII Sidoarjo saat melaksanakan Kajian dalam Forum PKL | Foto: PCP PMII Sidoarjo
Kader PMII Sidoarjo saat melaksanakan Kajian dalam Forum PKL | Foto: PCP PMII Sidoarjo

Ketua Pelaksana Pelatihan Kader Lanjut IV, Abdul Muiz juga menuturkan fondasi yang dibangun selama ini tidak cukup bila hanya satu karena akan membuat rangka dan bangunan jadi nantinya menjadi tidak kokoh.

Berita Menarik Lainnya:  MPC PP Asahan Konsolidasi Siapkan Kader Caleg di Pileg 2024

“Jadi pelatihan ini adalah puncak dalam ikhtiar kami dalam membangun fondasi, dan tetap belum berhenti sampai di pelatihan ini, meskipun sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan atau sekolah anggaran dengan cukup baik. Ya namanya membangun fondasi, kita buatnya yang kuat sekalian,” ujarnya.

Riza Akbar selaku Kepala BLK Sidoarjo, menyampaikan harapannya mengenai pemuda ke depan yang harus lebih aware, care, dan percaya diri melihat perkembangan zaman yang pesat.

Sementara, Ketua PMII Wafier mengatakan out put pelatihan ini peserta menjadi penggerak perubahan di lingkungannya.

“Selain menjadi penggerak, ada harapan melahirkan para pengawas, pakar, dan praktisi anggaran yang mampu membawa perubahan positif di daerah masing – masing,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280