Tokoh Senior PDI-P Surabaya Kritik Pedas Ocehan Effendi Simbolon Hingga Minta Pecat Dari Partai

Tokoh Senior PDI-P Surabaya Kritik Pedas Ocehan Effendi Simbolon Hingga Minta Pecat Dari Partai
Tokoh senior PDI Perjuangan Kota Surabaya Mat Mochtar (MM).
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Ocehan Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon (E.S) dari fraksi PDI Perjuangan soal ‘TNI kayak Gerombolan’ menuai kritik dan protes dari publik. Banyak pihak yang ikut angkat bicara atas pernyataan ngawur dari Effendi Simbolon.

Salah satunya dari tokoh senior Partai PDI Perjuangan Kota Surabaya Moch. Mochtar atau yang kerap disapa Mat Mochtar (MM) geram atas ocehan E.S.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  FORMAT KSB Gelar Diskusi Publik Tentang Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme
banner 1024x1366

MM mengatakan pernyataan Simbolon telah menyakiti perasaan Tentara Negara Indonesia (TNI) sebagai prajurit abdi negara.

“Pernyataan itu sangat tidak pantas diucapkan oleh pejabat negara apalagi oleh anggota Dewan. Pernyataan seperti itu sudah menyakiti hati para prajurit TNI. Saya sebagai kader Partai sangat kecewa atas pernyataan Simbolon,” kata MM saat konferensi pers, Rabu (14/9/2022).

Lebih lanjut, MM menjelaskan TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia harus dijunjung tinggi. Terbukti, ketika prajurit TNI menumpaskan sekelompok pemberontak Gerakan 30 September (G 30 S) yang dilakukan PKI.

“Simbolon seharusnya belajar sejarah kembali. Siapa barisan terdepan yang menumpas pemberontakan PKI. Ingat ‘Jas Merah’ jangan lupakan sejarah,” tegas MM.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati 'Marahi' Dinas Perkim Gegara Jalan Rusak Dibiarkan

Diketahui, Pernyataan kontroversial Simbolon disampaikan dalam rapat bersama Andika, Wamenhan Muhammad Herindra, dan kepala staf angkatan, kecuali Dudung di Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022).

Awalnya, Simbolon mengaku geram karena menemukan banyak ketidakharmonisan dan ketidakpatuhan yang terjadi di tubuh TNI.

Bahkan, lebih lanjut Simbolon menilai kelakuan TNI lebih-lebih dari organisasi masyarakat atau ormas.

“Kami banyak sekali temuan-temuan ini, disharmoni, ketidakpatuhan, ini TNI kayak gerombolan ini, lebih-lebih ormas jadinya, tidak ada kepatuhan,” ucapnya.

 

Pecat Effendi Simbolon

 

Berita Menarik Lainnya:  Hari Pramuka ke 59, Kwarcab Pramuka Bondowoso Bagikan Ribuan Masker

MM yang juga merupakan ketua Gerakan Rakyat Surabaya (GRS) meminta kepada Megawati Soekarnoputri agar memecat Effendi Simbolon dari Partai PDI Perjuangan.

MM mengatakan, Effendi Simbolon tidak hanya sekali menghebohkan publik dengan pernyataan kontroversialnya. Sebelumnya, Effendi Simbolon menyinggung Ketua DPD RI Mattalitti hingga membuat hubungan DPD RI dan DPR RI memanas.

“Permintaan maaf saja tidak cukup. Pernyataan Simbolon ini sudah melukai hati masyarakat dan parajurit TNI. Selain itu, pernyataan seperti itu sangat merusak citra Partai PDI Perjuangan. Dan ini bukan sekali, sebelumnya dengan DPD RI. Saya harap Ibu Mega memecat Effendi Simbolon dari partai,” tegasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280